BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lihatlah sampel lengkap asteroid Bennu dengan segala kemegahannya

Lihatlah sampel lengkap asteroid Bennu dengan segala kemegahannya

Siapa yang tidak suka memajang koleksi bebatuan cantiknya? Pekan lalu, NASA berkutat dengan masalah ini selama dua bulan, dan kini mereka berbagi gambaran tentang apa yang ada di dalamnya. Badan antariksa tersebut memposting gambar resolusi tinggi dari Mekanisme Akuisisi Sampel Touch-and-Go (TAGSAM) yang baru dibuka pada hari Jumat, mengungkapkan semua debu dan batu yang diambil OSIRIS-REx dari permukaan asteroid.

Gambarnya besar, sehingga Anda dapat memperbesarnya untuk melihat detail spesimen yang halus. Lihat versi ukuran penuh di . Ada banyak sekali materi yang dapat digunakan oleh para ilmuwan, sebagai anggota tim OSIRIS-REx Mereka mengatakan pada bulan September bahwa mereka berencana untuk memanfaatkan teknik mikroanalisis untuk “benar-benar menghancurkannya, hampir sampai ke skala atom.” Asteroid Bennu, diperkirakan berusia sekitar 4,5 miliar tahun, mungkin menyimpan petunjuk tentang pembentukan tata surya kita dan bagaimana bahan penyusun kehidupan pertama kali mencapai Bumi.

Para ilmuwan telah mendeteksi tanda-tanda karbon dan air pada kelebihan material yang mereka temukan di luar TAGSAM. Meskipun mereka berharap mendapatkan setidaknya 2,1 ons (60 gram) regolit dari asteroid tersebut, OSIRIS-REx berhasil mendapatkan lebih banyak. Tim hanya mendapat 2,48 ons (70,3 gram) bahan “ekstra” yang terkumpul di perangkat sampel. NASA berencana menghabiskan dua tahun ke depan untuk menganalisis bagian-bagian sampel, tetapi sebagian besar akan disimpan untuk penelitian di masa depan dan dibagikan dengan ilmuwan lain.

READ  Kapal kargo Cygnus meninggalkan stasiun luar angkasa menuju kematian yang berapi-api