BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mantan pemimpin Catalan, Puigdemont, merayakan pembebasannya | Luar negeri

“Saya sangat senang berada di sini, untuk mengambil bagian dalam acara ini,” kata Puigdemont hari ini, berjabat tangan dan melambai ke kerumunan. Dan dia telah tiba Kamis malam di Bandara Alghero, sebuah kota di pulau Sardinia Italia dengan budaya Catalan, di mana dia akan berpartisipasi dalam festival budaya dan bertemu politisi dari pulau Sardinia.

Puigdemont, 58, ditangkap pada saat kedatangannya selama persidangan di Spanyol atas perannya dalam upaya memisahkan Catalonia dari Spanyol. Dia dibebaskan pada Jumat malam setelah menyatakan kesediaannya untuk menghadiri sidang pada 4 Oktober mengenai kemungkinan ekstradisi ke Spanyol. Menurut pengacaranya, dia bisa meninggalkan Italia untuk sementara.

Puigdemont menikmati kekebalan parlementer hingga awal tahun ini, setelah terpilih menjadi anggota Parlemen Eropa pada 2019. Namun, pada Maret tahun ini, Parlemen Eropa menyetujui permintaan dari Spanyol untuk kekebalannya. untuk meningkatkan. Spanyol memintanya. Keputusan ini membuka jalan bagi ekstradisi ke Spanyol. Puigdemont pergi ke Pengadilan Eropa, tetapi tetap pada keputusan Parlemen. Menurut hakim, tidak ada alasan untuk percaya bahwa Puigdemont akan diekstradisi ke Spanyol.

Tonton video berita kami di daftar putar di bawah ini:

READ  Runtuhnya jembatan masih menyakitkan bagi mantan pesepakbola profesional David: 'Anda akan melihat kehidupan secara berbeda' di luar negeri