BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mantan tentara bertempur di New Guinea

Ada episode baru pada Rabu malam Lain waktu Dia bisa dilihat di NPO 2. Minggu ini kita akan menyelidiki episode menyakitkan dalam sejarah Belanda baru-baru ini: pertempuran di New Guinea (1961-1962). Mantan tentara, termasuk Ari Langenberg, berbagi pengalaman.

Lain waktu Ketinggalan? Tonton semua episode di Gids.tv.

Indonesia
Setelah kepolisian berdarah dan perang kemerdekaan Indonesia sejak akhir 1940-an, tampaknya perdamaian telah kembali ke Asia Tenggara pada awal 1960-an. Namun, Belanda tetap ingin mempertahankan New Guinea sebagai basis operasi di bawah otoritas penduduk otonom. Ini bertentangan dengan keinginan Indonesia dan pertempuran sengit kembali terjadi.

diplomat
Jauh lebih sedikit publisitas yang diberikan untuk ini di Belanda, dan pada akhirnya masalah itu diselesaikan secara diplomatis. Belanda mundur, tetapi bagi para prajurit yang bertempur di sana saat itu, mereka masih terlihat meninggalkan orang Papua. Korps Marinir John Wilms mengibarkan bendera Papua setiap tahun pada 1 Desember. Julia Joy, 23 tahun, pendiri Young Papua Collective, memiliki ilmu seperti itu juga. Dari Belanda, memperjuangkan Papua merdeka.

Lain waktu Anda dapat menontonnya setiap minggu di NPO 2. Anda dapat menonton semua episode Lain waktu Lihat kembali Gids.tv.


Pendapat Anda

Silakan masukkan komentar Anda di bawah ini Rabu di Times lain: Mantan tentara di pertempuran di New Guinea Atau klik di sini jika Anda menyukai artikel ini:

READ  Pembangun rollercoaster Limburg fokus pada mal | 1 Limburg