BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Meningkatkan tingkat penerimaan di Indonesia sebesar 14% pada tahun 2023;  Film lokal mendapat 48% share – Batas waktu

Meningkatkan tingkat penerimaan di Indonesia sebesar 14% pada tahun 2023; Film lokal mendapat 48% share – Batas waktu

Penerimaan bioskop di Indonesia naik 14,5% tahun-ke-tahun menjadi 114,5 juta pada tahun 2023, dibandingkan dengan 100 juta pada tahun sebelumnya, menurut analis box office lokal Bekara Box Office. Angka tersebut menempatkan pasar sekitar 24% di bawah angka sebelum pandemi yaitu 152 juta penerimaan pada tahun 2019.

Meskipun awal tahun berjalan lambat, produksi lokal meningkat sejak September dan menyelesaikan tahun 2023 dengan 53,3 juta entri dengan pangsa pasar 48%, menurut data Bicara Box Office.

Pada tahun 2022, film-film Indonesia ditonton sebanyak 57 juta kali dan pangsa pasar sebesar 56,5%, tahun dimana film-film Hollywood lebih sedikit dirilis, dan juga merupakan tahun yang mencatat rekor kesuksesan MD Pictures. KKN di desa binariyang memperoleh 9,23 juta penayangan dan menjadi film domestik Indonesia terbesar sepanjang masa (film ini juga dirilis ulang dalam versi yang diperluas pada akhir tahun 2022 dan kedua versi tersebut menarik lebih dari 10 juta penonton).

MD Pictures juga memproduksi film Indonesia terbaik tahun 2023 – film horor sutradara Kimo Stamboul SEO Dino, yang menarik 4,89 juta penerimaan. Mirip dengan itu KKN di desa binarifilm ini terinspirasi dari topik Twitter yang sedang viral di Indonesia.

Menurut data Bicara Box Office, SEO Dino Film tersebut memiliki peringkat persetujuan tertinggi tahun ini secara keseluruhan, bersama dengan Universal cepat Ia berada di posisi kedua dengan 4,81 juta. Namun, data Universal, meski tidak memberi peringkat pada film tersebut, tetap dipatok cepat Penerimaan sedikit lebih tinggi yaitu 5,1 juta.

Indonesia tidak menyediakan data box office standar karena jaringan bioskop lokal tidak membagikan jumlahnya. Bicara Box Office menggunakan pelacakan dan analisis statistiknya sendiri untuk mengekstrapolasi data yang tersedia.

READ  Fakta Mimpi Manis, Belanda Berlatar Belakang Masa Kolonial di film Indonesia

Sebagai tambahan cepatFilm studio Amerika masuk sepuluh besar pada akhir tahun Transformers: Bangkitnya Binatangts, Biarawati kedua, Penjaga Galaxy Vol. 3, Ant-Man dan Tawon: Obsesi Kuantum Dan Mission Impossible – Perhitungan Mati Bagian 1.

Film Indonesia juga mencetak rekor baru jumlah film yang melebihi 1 juta penonton pada tahun 2023 – dengan 18 film melampaui tolok ukur tersebut, dibandingkan rekor sebelumnya yaitu 15 film pada tahun 2019.

Dua film dirilis pada akhir pekan terakhir tahun 2023 – drama aksi Visinema 13 bom dan Gambar MD Layangan Botos: Filmnya -Kami juga memiliki peluang untuk melampaui 1 juta penerimaan pada Januari 2024.

Film Indonesia lainnya yang masuk 10 besar akhir tahun ini antara lain film thriller horor garapan MVP Pictures Ambang kematian Dengan 3,3 juta penerimaan dan drama religi Karpet Air Mata De Ujung (3,13 juta) dan 172 hari (2,87 juta). Riri Risa Pitualanga Sherena 2sekuel dari petualangan musik populer tahun 2000, menduduki peringkat ke-11 dengan 2,41 juta entri.

Dua drama drama lokal lainnya didasarkan pada cerita tersebut – karya Wregas Bhanuteja Andragogi Dan Yandy Lorenz Jatuh cinta seperti di film-film – Film-film blockbuster menengah telah meraih kesuksesan, masing-masing menarik 500.000 dan 600.000 penonton, yang menunjukkan bahwa pasar mempunyai potensi untuk melakukan diversifikasi agar tidak lagi bergantung pada film-film horor.