BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menjauhkan pria dari Anda? Beginilah cara burung kolibri betina melakukannya

Antara 2015 dan 2019, perilaku 436 burung kolibri berleher putih dipelajari di hutan hujan Amerika Tengah di Panama. dari Riset Sekitar 30 persen perempuan menyamar sebagai laki-laki.

kamuflase

Para peneliti menyarankan dua penjelasan untuk kamuflase wanita. Betina mengubah warna mereka untuk menonjol dari jantan dan mulai kawin. Atau betina mengubah warna mereka untuk menjauhkan jantan dari mereka dan dengan demikian menemukan makanan lebih cepat.

Kolibri jantan berwarna-warni dan berbeda dengan kepala biru, punggung hijau tua, dan perut putih. Betina paling sering berwarna abu-abu: campuran abu-abu, hijau dan putih.

coret

Rekaman video menunjukkan perempuan mengubah warna kulit mereka untuk menghindari pelecehan sosial dari laki-laki. Kolibri jantan menunjukkan preferensi seksual untuk kolibri abu-abu betina.

Menurut Stefan Meg, pakar burung di Naturalis, ini adalah burung kolibri betina yang sangat cerdas. “Burung kolibri jantan kebanyakan melakukan perkawinan, jadi kolibri betina hanya peduli dengan anaknya. Jika Anda harus merawat anak Anda, Anda tidak akan punya waktu untuk repot.”

Dengan warna-warna cerah, ini jauh lebih mudah bagi wanita. Ahli ekologi evolusioner Jay Falk mengatakan: “Warna-warna cerah burung dikaitkan dengan agresi.” D. Geografis Nasional. “Jika kamu terlihat seperti laki-laki, kamu tidak lagi menderita pengganggu.”

Ini juga memainkan peran dalam seberapa baik anak-anak muda dibesarkan. “Anda membutuhkan banyak makanan untuk itu. Jika Anda dibiarkan sendiri, Anda bisa mengklik sepanjang hari,” kata Mije.

tidak semua wanita

Jadi mengapa tidak semua burung kolibri betina berubah warna? Menurut ahli ekologi evolusioner Dustin Rubinstein, ini karena risiko yang terlibat. “Ketika Anda bersinar terang, Anda menonjol,” katanya kepada National Geopgraphic. “Kesempatan yang jauh lebih tinggi untuk dimakan oleh predator.”

READ  OnePlus dan OPPO untuk mengintegrasikan basis kode OxygenOS dan ColorOS - Tablet dan Ponsel - Berita

Selain itu, menciptakan warna juga menghabiskan banyak energi, menurut Mije. “Anda harus memakai bulu yang sangat mewah. Semakin banyak warna bulunya, semakin banyak energi yang dibutuhkan untuk membuatnya.”

Meiji percaya bahwa di daerah dengan banyak makanan, wanita cenderung tidak berubah warna. “Jika betina dapat menemukan makanan dengan mudah, mereka akan memiliki lebih sedikit usaha untuk membesarkan anak-anak mereka.”