BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menjelajahi Peluang di Indonesia Tanpa Entitas – Indonesia Guide

Menjelajahi Peluang di Indonesia Tanpa Entitas – Indonesia Guide

Manfaat layanan Organisasi Pengusaha Profesional (PEO).

Dalam hal mempekerjakan orang untuk menjalankan bisnis Anda di negara asing seperti Indonesia, pendekatan tradisional yang digunakan adalah menciptakan perusahaan yang beroperasi penuh dan mematuhi peraturan sumber daya manusia, pajak, dan lainnya. Namun, proses pendirian perusahaan di Indonesia bisa memakan waktu beberapa bulan. Selama ini, perusahaan yang dimaksud masih belum dapat beroperasi, menimbulkan biaya operasional yang signifikan dan memerlukan modal investasi yang besar. Pendekatan ini juga berarti bahwa perusahaan investor mungkin tidak sepenuhnya memahami bisnis, lanskap keuangan, preferensi konsumen, atau budaya lokal pasar luar negeri.

Strategi memasuki pasar tetap ini dapat menyebabkan kesalahan yang dapat dihindari seperti:

  • Memilih model penetapan harga yang salah
  • Meluncurkan lini produk atau layanan awal yang tidak sesuai
  • Settingnya berada di tempat yang tidak tepat
  • Mengikuti model bisnis yang menyesatkan, atau
  • Bermitra dengan mitra bisnis atau pemasok yang salah.

Tanpa informasi di lapangan dan pengalaman praktis, kesalahan-kesalahan ini dapat dengan mudah terjadi. Namun, memperbaiki kesalahan tersebut setelah investasi dilakukan adalah hal yang mahal, memakan waktu, dan juga dapat merusak reputasi perusahaan.

Mengingat tantangan-tantangan ini, semakin banyak perusahaan saat ini yang memilih pendekatan yang lebih hati-hati, dengan terlebih dahulu menguji atau menargetkan kehadirannya dalam skala kecil atau jangka pendek di Indonesia – sehingga memungkinkan perusahaan untuk memitigasi risiko dan mendapatkan wawasan pasar yang berharga sebelum membuat komitmen besar.

Model yang kurang dikenal tersedia bagi perusahaan untuk melakukan lindung nilai terhadap risiko masuk pasar di banyak pasar Asia.

Alternatifnya, ada model masuk pasar baru yang disebut Global Staffing yang memungkinkan investor asing melakukan bisnis di Indonesia untuk jangka pendek tanpa harus memiliki badan hukum sendiri.

Memahami Solusi Kepegawaian Global dan PEO: Bagaimana cara kerjanya?

Global Staffing Solutions (GSS) adalah strategi masuk ke pasar dan serangkaian layanan yang dapat memudahkan perusahaan untuk beroperasi secara internasional. Kunci dalam grup GSS adalah layanan Organisasi Pemberi Kerja Profesional (“PEO”).

Organisasi Pemberi Kerja Profesional (PEO) adalah penyedia layanan luar yang bertindak sebagai pemberi kerja yang tercatat di sebuah perusahaan, mengelola semua fungsi terkait sumber daya manusia, termasuk penggajian, tunjangan, dan kepatuhan terhadap undang-undang ketenagakerjaan. Dengan bermitra dengan PEO, investor dapat melibatkan karyawan lokal dan menangani kompleksitas perekrutan di Indonesia, tanpa harus mendirikan badan hukum.

Hal ini mengakibatkan perusahaan lokal memikul beban manajemen SDM karyawan sehari-hari, penggajian, dan kepatuhan pajak, sehingga membebaskan sumber daya penting Anda sehingga Anda, sebagai perusahaan internasional, dapat fokus pada bisnis Anda dan mengeksplorasi pilihan Anda di a pasar baru atau asing.

Artinya, meskipun perusahaan luar negeri dan karyawan eksternalnya akan menjaga kontrol normal sehari-hari dan hubungan karyawan dengan karyawan, penyedia layanan lokal di Indonesia akan menangani semua mitigasi risiko, kepatuhan, penggajian, dan tunjangan di lapangan.

Keuntungan mengadopsi strategi solusi rekrutmen global

Perusahaan asing dapat memperoleh manfaat dari GSS dengan mempekerjakan karyawan penuh waktu untuk bekerja di pasar luar negeri dengan tetap mematuhi undang-undang setempat, tanpa memerlukan waktu dan investasi untuk mendirikan dan mengoperasikan badan hukum di luar negeri.

Hal ini secara khusus dapat memberikan manfaat berikut bagi bisnis.

Keahlian dan dukungan lokal

Dengan bermitra dengan penyedia layanan PEO, investor mendapatkan akses ke tim ahli lokal yang memiliki pengetahuan luas tentang pasar Indonesia. Para profesional ini dapat memberikan bimbingan dan dukungan dalam berbagai aspek, termasuk rekrutmen, hubungan karyawan, nuansa budaya, dan wawasan pasar. Keahlian lokal ini sangat berharga bagi perusahaan yang ingin mengambil keputusan dan mengatasi tantangan unik dalam beroperasi di Indonesia.

Mempekerjakan karyawan dengan biaya tenaga kerja lokal

Melalui GSS, perusahaan asing dapat dengan mudah mempekerjakan karyawan dengan upah lokal yang wajar, menghindari biaya yang tidak perlu karena kurangnya pengetahuan tentang standar upah lokal dan kesalahan estimasi anggaran tenaga kerja.

Hal ini juga memberikan kesempatan kepada investor asing untuk menguji orang lokal dan menilai kesesuaiannya untuk diangkat di bawah struktur lokal permanen atau mengidentifikasi keterampilan tambahan yang harus dimiliki oleh karyawan “pertama” perusahaan untuk mencapai hasil di negara tersebut.

Manajemen karyawan outsourcing

Mengingat hubungan kerja antara karyawan dan penyedia layanan lokal, tim SDM dapat membantu pemberi kerja asing dalam penghitungan gaji, iuran jaminan sosial, pengembalian pajak penghasilan individu (IIT), dan kompensasi untuk karyawan lokalnya. GSS membebaskan perusahaan asing dari tugas sehari-hari HR dan administrasi, sehingga dapat fokus pada aktivitas bisnisnya.

Mempekerjakan karyawan sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan

Berurusan dengan peraturan bisnis dan standar kepatuhan yang rumit di negara asing dapat menjadi tugas yang berat. Untungnya, bermitra dengan organisasi pemangku kepentingan di Indonesia dapat membantu investor mengurangi tantangan ini. Penyedia layanan PEO yang memiliki reputasi baik akan memiliki pemahaman mendalam tentang undang-undang dan peraturan bisnis setempat, memastikan bahwa bisnis beroperasi dengan kepatuhan penuh terhadap semua persyaratan hukum, sehingga mengurangi risiko penalti dan komplikasi hukum.

Cukup banyak pekerja asing dan lokal yang masih dipekerjakan secara “off the books” di Indonesia dan menerima dana yang dikirim dari perusahaan luar negeri langsung ke rekening bank lokal mereka. Hal ini berisiko dari sudut pandang kepatuhan hukum karena tidak ada kontribusi sosial lokal atau pajak yang dibayarkan. Selain itu, hal ini juga tidak memberikan investor eksternal pengaruh atau kendali hukum apa pun atas aset-aset ini di lapangan.

Berdasarkan strategi GSS, penyedia layanan lokal dapat memastikan bahwa pekerja asing tetap mematuhi hukum dan peraturan Indonesia, secara proaktif membantu pengajuan visa dan izin kerja pekerja asing, membuat rekening bank, serta memverifikasi IIT-nya di Indonesia.

Hal ini mempunyai manfaat tambahan yaitu meringankan banyak masalah hukum dan praktis yang timbul ketika melakukan pembayaran ke rekening bank swasta karyawan di luar negeri. Dengan struktur GSS, pekerja asing dapat menerima dana langsung dari perusahaan lokal ke rekening bank lokalnya di Indonesia.

Memperoleh dukungan hukum mengenai masalah kontrak kerja

Terakhir, tim hukum Indonesia juga dapat membantu membuat dan menentukan kontrak kerja dengan karyawan, sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan setempat.

Fleksibilitas dalam hubungan kerja

Perusahaan asing dapat mengakhiri hubungan bisnis lokal dengan biaya terbatas jika terdapat ketidaksesuaian dalam keterampilan atau harapan. Dengan cara yang sama, mereka dapat dengan mudah meningkatkan solusi rekrutmen mereka jika hubungan kerja terbukti berhasil.

Mengakses Pasar Indonesia dengan Mudah: Penerapan Model Solusi Perekrutan Global yang Serbaguna

Secara tradisional, strategi memasuki pasar yang sukses memerlukan pertimbangan waktu, ruang lingkup relatif persaingan, dan kemampuan untuk memanfaatkan aset pelengkap. Namun, di era baru dalam berbisnis ini, fleksibilitas operasional kini menjadi faktor penentu keberhasilan.

Dengan cara ini, perusahaan harus siap merespons dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan lingkungan dengan cara yang produktif dan hemat biaya. Dalam hal merancang strategi memasuki pasar, hal ini mengacu pada pengalihan fokus ke pasar yang berbeda, dengan cepat dan dengan biaya dan risiko minimal.

Layanan, seperti Global Staffing Solutions, memungkinkan perusahaan asing untuk dapat mencari alternatif dalam sektor tertentu dan mencoba berbagai strategi atau bahkan pasar di Asia untuk membuat rencana melawan gangguan rantai pasokan dan menciptakan operasi berkelanjutan dalam jangka panjang.

Secara lebih luas, GSS memberikan strategi masuk pasar yang efektif bagi perusahaan yang ingin berekspansi ke negara-negara dengan pertumbuhan pesat di Asia, seperti Vietnam, Singapura, dan Indonesia.

Investor dapat memanfaatkan hal ini di pasar baru untuk mendapatkan pengetahuan langsung tentang lingkungan dan budaya bisnis lokal – untuk menentukan kesesuaian pasar dan merumuskan strategi masuk yang tepat.

Ketidakpastian merupakan faktor yang tidak dapat dihindari dalam menjalankan bisnis dalam iklim ekonomi apa pun. Namun, peristiwa buruk yang terjadi baru-baru ini seperti pandemi COVID-19 memperjelas bahwa saat ini, lebih dari sebelumnya, perusahaan perlu merencanakan hal-hal yang tidak terduga – yaitu terganggunya rantai pasokan global, perekonomian yang tidak stabil, dan/atau PHK massal.

Salah satu keuntungan utama menggunakan layanan PEO adalah fleksibilitas yang ditawarkan kepada investor. Perusahaan dapat dengan cepat meningkatkan atau menurunkan skala operasinya, tergantung pada kondisi pasar dan kebutuhan bisnis, tanpa perlu melakukan restrukturisasi atau perampingan. Tingkat fleksibilitas ini memungkinkan investor untuk beradaptasi dan merespons dinamika pasar yang berubah dengan cepat, sehingga memastikan fleksibilitas dalam operasi bisnis mereka di Indonesia.

READ  Pesanan pesawat naik lagi - perjalanan bisnis