BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Luar Negeri Rusia Lavrov dirawat di KTT G-20: masalah jantung

Menteri Luar Negeri Rusia Lavrov dirawat di KTT G-20: masalah jantung

Seorang jurnalis Associated Press melaporkan bahwa ini berdasarkan pejabat Indonesia. Tidak jelas persis apa yang salah dengan Lavrov. Kementeriannya menyangkal laporan ini dan menggambarkannya sebagai berita palsu.

KTT G20

Kementerian merilis video Lavrov tersenyum dan mengatakan laporan tentang dia adalah bagian dari “permainan politik”. Namun Gubernur Bali mengatakan Lavrov berada di rumah sakit untuk “pemeriksaan”. Dia dikatakan telah meninggalkan rumah sakit dalam “kesehatan yang baik”. Kantor berita negara Rusia TASS melaporkan bahwa Lavrov sedang berada di hotelnya untuk mempersiapkan KTT G20.

Lavrov adalah pejabat Rusia berpangkat tertinggi yang menghadiri pertemuan puncak ini. Mulai besok. Dia akan menggantikan Presiden Vladimir Putin di G20, yang akan tetap berada di Moskow. Kehadirannya di Indonesia membuat peserta lain terganggu.

Negara-negara Barat mendesak agar Rusia tidak ikut dalam KTT, tetapi tuan rumah Indonesia tidak mau. Menurut surat kabar Inggris The Guardian, foto grup tidak akan diambil karena para pemimpin Barat tidak ingin difoto bersama Lavrov.

Biden bertemu Xi Jinping

KTT G20 juga mencakup pertemuan antara Presiden AS Joe Biden dan pemimpin China Xi Jinping. Ini pertama kalinya mereka bertemu sejak Biden menjabat pada awal 2021. Amerika Serikat dan China memiliki hubungan yang sangat sulit.

Mereka bertentangan secara diametris di hampir semua perselisihan besar yang sekarang terjadi – termasuk Taiwan, Ukraina, dan penanganan perusahaan teknologi. Biden dan Xi berusaha menemukan pemulihan hubungan.

READ  Aktris Dewey Rigg: "Saya selalu melihat diri saya di Rotterdam, tetapi saya selalu memilih peran India"