BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Misi khusus Axiom 3 sedang dalam perjalanan ke stasiun luar angkasa

Misi khusus Axiom 3 sedang dalam perjalanan ke stasiun luar angkasa

Beberapa dekade yang lalu, gagasan tentang individu yang bepergian ke Stasiun Luar Angkasa Internasional hanyalah fiksi ilmiah dan juga kantor polisi perjalanan waktu. Namun, di sinilah kita, pada tahun 2024, dan ada empat awak astronot swasta di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Tim ini akan menghabiskan waktu sekitar dua minggu untuk melakukan berbagai eksperimen, aktivitas bisnis, dan tugas penjangkauan.

Axiom Space didirikan pada tahun 2016 oleh Michael Suffredini dan Kam Ghaffarian. Tujuan mereka adalah untuk mengatur misi pribadi ke luar angkasa, salah satunya adalah Stasiun Luar Angkasa Internasional, tetapi mereka juga berupaya mengembangkan pakaian antariksa untuk misi NASA ke Bulan di masa depan. Untuk mencapai tujuan ini, tim Axiom Space memiliki mimpi indah yang “kami sedang dalam misi untuk mengungkapnya.” [space] “Untuk sebanyak mungkin orang.”

Pada 18 Januari, empat astronot swasta diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Dragon, yang digerakkan oleh roket SpaceX Falcon 9. Misi khusus ini adalah yang ketiga untuk Axiom Space, dengan penerbangan pertama pada bulan April 2022 dan yang kedua pada Mei 2023. Awak misi ini terdiri dari Komandan Michael Lopez Alegría, Pilot Walter Velade, dan Spesialis Misi Markus Wandt dan Alber . Gezeravsi.

Ilustrasi menunjukkan kapsul Crew Dragon SpaceX mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional. (Kredit: SpaceX)

Para kru tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada hari Sabtu, 20 Januari, ketika modul Dragon merapat secara independen dengan modul Harmony. Saat palka terbuka, kru Axiom akan disambut oleh kru Ekspedisi 70 termasuk astronot NASA Jasmine Moghbeli dan Loral O'Hara, astronot ESA Andreas Mogensen, astronot JAXA Furukawa Satoshi, dan astronot Konstantin Borisov, Oleg Kononenko, dan Nikolai Chub.

AX-3 (sebutan untuk misi ini) dijadwalkan meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional pada hari Sabtu, 3 Februari, jika cuaca memungkinkan. Mereka akan menghabiskan waktu dua minggu di pesawat sebelum kembali ke Bumi dan mendarat di permukaan basah di lepas pantai Florida.

READ  Para ilmuwan telah menemukan wujud materi baru dengan sifat kiral

Axiom Space dan kemitraannya dengan NASA melakukan hal-hal hebat dengan membuka orbit rendah Bumi bagi lebih banyak orang. Pada tahun 1950-an dan 1960-an kita menyaksikan Perlombaan Luar Angkasa ketika Amerika dan Rusia berjuang untuk menjadi yang pertama di luar angkasa dan mengirim manusia ke bulan. Lanskap perjalanan dan eksplorasi luar angkasa kini telah berubah. Kemitraan antara organisasi luar angkasa besar seperti NASA dan perusahaan swasta seperti Axiom mendorong berkembangnya ekonomi ruang angkasa komersial yang dapat membuka ruang bagi kita semua untuk selamanya.

sumber : NASA dan mitranya menyambut kru khusus di stasiun luar angkasa

Tautan: