BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Muslim khawatir tentang aturan haji baru di Mekah: ‘Tidak ada yang melihat ini datang’

Haji, ziarah tahunan ke Mekah, adalah wajib bagi semua Muslim dewasa yang sehat yang mampu membelinya. Ini adalah salah satu dari Rukun Islam (tugas agama). Empat lainnya adalah shalat, puasa, zakat, dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Muhammad sebagai Rasul.

Muslim dari Belanda biasanya memesan haji melalui agen perjalanan khusus. Sayangnya, mereka diberitahu minggu lalu bahwa otoritas Saudi beralih ke platform baru pada menit terakhir. Organisasi yang disebut Mutawaf sekarang menjadi satu-satunya platform di mana para peziarah dari Eropa, Amerika dan Australia dapat memesan penerbangan.

Muslim bisa Daftar sampai pukul 19.00 WIB Melalui situs web pemerintah Saudi. Tapi mereka tidak yakin di mana. Undian akhirnya akan menentukan siapa yang dapat melakukan perjalanan ke Mekah dari 7-12 Juli tahun ini.

‘kekecewaan’

Bagi umat Islam yang ingin menunaikan ibadah haji, aturan baru ini sangat mengecewakan. Abdelilah, 43, percaya itu adalah “kekecewaan besar”. “Saya sudah mendapat tempat dan melakukan deposit di biro perjalanan,” katanya. “Saya sudah sibuk dengan persiapan dan mengatur hari libur kerja. Ini berita yang sangat berat. Tidak ada yang mengharapkan atau mengharapkan ini. Saya tidak mengerti sama sekali.”

Dia ingin menunaikan ibadah haji ke Mekah selama tiga tahun. Penerbangan itu dua tahun terlambat dengan coronavirus, tetapi tahun ini itu benar-benar harus terjadi. Ini akan menjadi yang pertama baginya. “Saya sebenarnya menabung untuk itu. Segera setelah itu memungkinkan, saya ingin pergi ke sana.”

Tapi sayangnya, tempatnya hilang. Namun, Abdulelah tidak kehilangan harapan. Dia mencetak gol lagi melalui platform baru, apakah dia akan mendapatkan tempat? “Kurasa tidak. Banyak orang dari seluruh dunia ingin pergi. Aku senang mendapat tempat melalui biro perjalanan.”

READ  Rusia dikritik karena serangan ransomware: 'Penjahat dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan'

Tentang platform baru Masih banyak ketidakpastian. Misalnya, tidak diketahui berapa banyak Muslim di setiap negara yang memperoleh “visa haji”, yang antara lain merupakan syarat untuk berjalan haji. Juga, agen perjalanan tidak tahu apakah mereka akan mengambil kembali simpanan dari pemerintah Saudi.

“Konsekuensi finansialnya sangat signifikan,” kata pemilik biro perjalanan yang khusus menyelenggarakan umrah. Lebih menyukai anonimitas karena takut akan perhatian negatif. “Kami sedang melalui masa yang sangat sulit sekarang, dan saya tidak ingin mengambil risiko.”

telepon merah panas

Dia mengatakan teleponnya sangat panas sejak berita minggu lalu. Semua pelanggan yang telah memesan penerbangan – sekitar tujuh puluh dalam kondisinya – ingin tahu apakah mereka mendapatkan uang mereka kembali. Perjalanan ini tidak murah: untuk melakukan ziarah Anda kehilangan rata-rata antara 4.500 dan 7.500 euro per koruna – tergantung pada kemewahan yang dipilih.

Harga untuk tahun ini masih belum jelas, “tetapi mengingat inflasi, itu bisa saja jauh lebih tinggi.” Pemiliknya mengatakan dia bekerja untuk memberi kembali kepada semua orang. “Kita lihat saja seberapa jauh kita bisa. Kalau tidak, aku harus meminjam.”

Dia melanjutkan, “Kami telah berdiam diri selama tiga tahun.” “Kami tidak dapat melakukan apa pun selama dua tahun selama krisis Corona. Jadi kami berharap ini akan menjadi tahun kami dapat menyelesaikan semuanya, tetapi tidak. Dua hingga tiga minggu sebelum Anda pergi, Anda akan diberi tahu itu tidak akan terjadi.”

Bukan satu-satunya biro perjalanan di Belanda yang menderita goni dan abu karena aturan baru. Agen perjalanan Mekka & Medina Reizen “benar-benar terkejut” dengan berita tersebut. “Ini tidak baik untuk biro perjalanan dan klien,” kata Direktur Abdullah. Sejak berita itu, ia telah dibayangi oleh panggilan telepon dari pelanggan. Mereka bertanya-tanya apakah mereka bisa pergi – dan jika demikian – bagaimana mereka akan melakukan perjalanan itu. “Sekarang mereka harus melakukan semuanya sendiri, tanpa arahan,” katanya. “Jika mereka melewati kita, mereka akan memiliki petunjuk dari awal hingga akhir.”

READ  Negosiator Brexit ingin menjadi presiden baru Prancis | Luar negeri

“Akhiri latihan”

Abdullah mengatakan Anda tidak dapat membuat keputusan untuk pindah ke platform baru yang “terlalu jungkir balik”. Pemilik agen perjalanan lain setuju. Dia ingin melihat apakah agen perjalanan di Belanda yang menawarkan haji bisa bersatu. Karena dia berkata, “Jika saya tidak bisa melakukannya lagi, hasilnya adalah latihan.”

Kabar baiknya adalah bahwa harapan terakhir tidak sepenuhnya hilang. Ternyata menteri Saudi yang bertanggung jawab untuk umrah telah diminta untuk menunda sistem baru hingga tahun depan Dari pidato yang diadakan oleh BBC. Namun belum diketahui apakah akan diikuti juga.