BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

OJK mencabut izin usaha PT SME Finance Indonesia

TEMPO.CO, JakartaOtoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi membatalkan izin usaha PT Sarana Majukan Ekonomi Finance Indonesia (PT SMEFI) melalui Keputusan Dewan Komisioner OJK No. KEP-2/D.06/2024 yang diterbitkan pada 15 Januari.

Pembatalan ini dilakukan dengan dasar PT SMEFI tergolong perusahaan pailit, kata Kepala Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi OJK Aman Santosa dalam keterangan resmi, Selasa, 16 Januari.

Ia mengatakan, PT SMEFI juga dikenakan sanksi administratif berupa teguran ketiga karena melanggar ketentuan terkait nilai Funding to Asset Ratio (FAR).

Sebelum pembatalan tersebut, OJK telah menetapkan PT SMEFI sebagai badan usaha dengan status pengawasan khusus karena dinyatakan pailit. Regulator kemudian memberikan waktu kepada perseroan untuk melakukan perbaikan strategis dan memenuhi ketentuan nilai FAR. Namun hingga batas waktu yang disepakati, perusahaan urung melakukannya.

Aman mengatakan, pembatalan izin usaha PT SMEFI dilakukan untuk melaksanakan ketentuan hukum dalam upaya menciptakan industri pembiayaan kesehatan di Indonesia.

Mulai saat ini, PT SMEFI dilarang melakukan kegiatan komersial di bidang keuangan. Perseroan juga wajib menyelesaikan hak dan kewajibannya terhadap debitur, kreditur, dan/atau penyandang dana, sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Selain itu, perusahaan harus menyediakan pusat informasi dan pengaduan pelanggan dalam lingkup internalnya. “PT SMEFI dilarang menggunakan kata finance dan/atau finance dan/atau kata yang mencirikan kegiatan pembiayaan atas nama perusahaan,” ujarnya.

PT SMEFI adalah lembaga keuangan non-bank yang dulu bernama PT Indosurya Inti Finance. Perusahaan berganti nama dan memperoleh izin komersial pada Februari 2022, menyediakan fasilitas pembiayaan modal kerja, investasi, dan multiguna dengan fokus pada sektor usaha kecil dan menengah.

TEMPO.CO

Pilihan Editor: 10 negara dengan skor IQ tertinggi di dunia

klik disini Memperoleh Update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  Bagaimana imigrasi meninggalkan jejaknya di Amsterdam