BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Orbiter mengambil gambar wajah beruang di Mars

Orbiter mengambil gambar wajah beruang di Mars

Mendaftar untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita penemuan menakjubkan, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Saat pengorbit NASA mengarahkan kameranya ke permukaan Mars, wajah beruang itu tampak menengok ke belakang.

Sebuah kamera di Mars Reconnaissance Orbiter, yang disebut Eksperimen Pencitraan Resolusi Tinggi, atau HiRISE, menangkap gambar fitur geologis yang tidak biasa pada bulan Desember.

Pola patahan melingkar di Mars membentuk bentuk kepala, sedangkan kedua kawahnya menyerupai mata. Keruntuhan berbentuk V. Strukturnya menciptakan ilusi hidung beruang.

Patahan melingkar mungkin disebabkan oleh sedimen yang diendapkan di atas kawah tubrukan yang terkubur yang telah diisi dengan lava atau lumpur. Fitur seperti hidung kemungkinan merupakan lubang vulkanik atau lubang lumpur.

University of Arizona, yang mengembangkan kamera menggunakan Ball Aerospace, Bagikan fotonya Pada tanggal 25 Januari.

Gambar itu mengingatkan kita pada “wajah” langit lain yang dilihat oleh observatorium luar angkasa NASA pada Oktober 2022, ketika Matahari tampak tersenyum Karena bintik-bintik gelap yang disebut lubang koronal.

Dan bulan Maret yang lalu, penjelajah melihat Curiosity Sebuah formasi batuan yang terlihat seperti bunga di Mars.

Kamera HiRISE telah memotret Mars sejak 2006, ketika Mars Reconnaissance Orbiter mulai mengorbit planet merah tersebut. Kamera canggih ini dirancang untuk mengambil gambar detail permukaan Mars, termasuk fitur sekecil 3 kaki (1 meter).

Rover mengorbit Mars setiap 112 menit, terbang dari sekitar 160 mil (255 kilometer) di atas Kutub Selatan hingga 200 mil (320 kilometer) di atas Kutub Utara.

Pesawat ruang angkasa dan rangkaian instrumennya membantu para ilmuwan NASA mempelajari atmosfer, cuaca, dan iklim Mars, dan bagaimana perubahannya seiring waktu. Penyelidikan sedang mencari bukti air, es, dan medan yang kompleks dan sedang menjelajahi lokasi pendaratan di masa depan untuk misi lainnya.

READ  Pecahkan misteri aneh ledakan radio cepat

Baru-baru ini, pengorbit telah kembali Gambar menakjubkan seperti apa musim dingin di Mars.