BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pagi di Kabul: Beginilah keadaan kota sekarang dan ini yang dikatakan Taliban

Kabul adalah hari pertama setelah Taliban menguasai kota itu. Ibu kota Afghanistan jatuh ke tangan kelompok ekstremis kemarin. Larut malam tadi, pejuang Taliban menyatakan kemenangan. Ketegangan tampaknya meningkat, terutama di bandara Kabul.

Tinjauan tentang apa yang telah dilakukan Taliban sejak tadi malam, bagaimana situasi sekarang di kota dan bandara, dan bagaimana evakuasi diplomat dan warga sipil Barat berlangsung.

Taliban menyatakan kemenangan

  • Taliban mengumumkan kemenangan dari istana kepresidenan.
  • Seorang pemimpin Taliban berbicara tentang pencapaian yang tak tertandingi, tetapi juga mengatakan bahwa pekerjaan sebenarnya baru saja dimulai: untuk secara efektif memerintah Afghanistan dan memecahkan masalah bagi rakyat.
  • Presiden Ghani mengakui di Facebook bahwa Taliban telah memenangkan perebutan kekuasaan. Ghani melarikan diri, kemungkinan besar di negara tetangga Tajikistan.
  • Juru bicara Taliban membuat pernyataan ke berbagai media tentang apa yang dapat diharapkan dunia: Di Al-Jazeera, seorang juru bicara Taliban mengatakan bahwa penguasa baru ingin membangun hubungan dengan komunitas internasional dan bahwa pemerintahan baru akan segera dibentuk. Sebelumnya, seorang juru bicara BBC mengatakan tidak seorang pun di Kabul harus takut akan nyawanya. Tidak akan ada pembalasan.”

Situasi di Kabul

  • Sedikit yang diketahui tentang keadaan kota saat ini. Tidak ada laporan tentang kekerasan atau kerusuhan yang meluas.
  • Seorang juru bicara Taliban mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa para pejuang telah diperintahkan untuk tidak mengintimidasi penduduk sipil dan mengizinkan mereka untuk melakukan kegiatan normal mereka.
  • Seorang guru di Universitas Perdamaian setempat men-tweet gambar jalan-jalan kosong pagi ini. Berbicara tentang kota hantu: