BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Partai terbesar di Indonesia menginginkan penyelidikan parlemen atas penyimpangan pemilu – 26 Februari 2024 pukul 9:57 pagi

Partai terbesar di Indonesia menginginkan penyelidikan parlemen atas penyimpangan pemilu – 26 Februari 2024 pukul 9:57 pagi

Partai Demokrat Indonesia (PDIP), partai terbesar di Indonesia, berupaya membuka penyelidikan parlemen dan mengajukan kasus ke Pengadilan Tinggi atas dugaan pelanggaran pemilu bulan ini, kata seorang pejabat senior pada hari Senin.

“Kami menemukan penyalahgunaan kekuasaan, mulai dari aspek hukum hingga penggunaan fasilitas negara,” kata Sekjen PDIP Hasto Cristiano kepada Reuters.

PDIP mendukung Kanchar Pranovo sebagai presiden, yang menempati posisi ketiga di depan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, pemenang yang jelas berdasarkan penghitungan suara tidak resmi dan penghitungan awal KPU.

Istana kepresidenan tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai tuduhan atau rencana penyelidikan tersebut.

Meskipun terdapat beberapa tuduhan dari para pihak, namun tidak satupun dari mereka memberikan data atau rincian spesifik mengenai sejauh mana pelanggaran yang terjadi. Pemantau pemilu independen sejauh ini tidak memberikan bukti adanya penyimpangan yang cukup signifikan sehingga mempengaruhi hasil pemilu.

Meskipun Mahkamah Konstitusi biasanya mengadili sengketa pemilu, DPR mempunyai kewenangan untuk menyelidiki pelaksanaan kebijakan pemerintah atau peraturan tertentu dan dapat menyelidiki perilaku pejabat pemerintah, termasuk presiden.

Hasto mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk melindungi demokrasi dan menarik perhatian masyarakat atas dugaan pelanggaran tersebut.

“Jika kita tidak melakukan amandemen komprehensif ini, apa gunanya mengadakan pemilu di masa depan?” Ia menambahkan, niatnya bukan untuk mencopot Presiden Joko Widodo alias Jokowi dari jabatannya.

Agar parlemen dapat memulai sidang, usulan tersebut harus diajukan oleh setidaknya 25 anggota parlemen dan lebih dari satu partai dan disetujui oleh lebih dari separuh anggota parlemen yang hadir dalam sidang paripurna.

Rencana PDIP didukung partai lain, namun perlu dukungan pihak pendukung partai peringkat kedua, Anies Baswedan.

Prabowo tampaknya telah memenangkan pemilu pada tanggal 14 Februari dengan hampir 60% suara, berkat dukungan diam-diam dari Jokowi, dan telah menghadapi tuduhan pelanggaran etika dan campur tangan yang dibantah oleh sekutu-sekutunya.

READ  Harga MORGENBOD ASIA-CHINA stabil, pasar memproses G7

Menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi pada menit-menit terakhir, yang dipimpin oleh saudara ipar presiden, untuk mengubah aturan kelayakan, Prabowo juga satu pasangan dengan putra Jokowi.

Hasto mengatakan, PDIP dan pendukung Kanjar lainnya akan mengajukan gugatan ke pengadilan yang sama atas penyimpangan pemilu, namun tidak menyebutkan jangka waktunya.

Pada hari Jumat, tiga partai di belakang Anies mengatakan mereka mendukung penyelidikan yang dipimpin PDIP. Partai pendukung Anies dan Ganjar akan menjadi mayoritas dengan perolehan 314 kursi dari 575 kursi.