BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Peluncuran roket bulan tak berawak ditunda karena masalah teknis

Badan Perlindungan Lingkungan

NOS. Beritadiubah

Peluncuran drone Artemis I di Kennedy Space Center NASA di Florida, yang dijadwalkan berlangsung antara 14.33 dan 16.33, telah dibatalkan. Karena masalah dengan salah satu dari empat mesin, peluncuran hari ini harus ditunda.

Kesempatan berikutnya sekarang adalah hari Jumat depan. Jika masalah mesin tidak bisa diselesaikan sebelum Jumat, 5 September adalah opsi ketiga. Kedua tanggal ini sudah ditetapkan jika peluncuran pertama gagal.

Kesan misi bulan:

  • NOS

    Kursus penerbangan yang direncanakan untuk Artemis I
  • NOS

  • NOS

    Pesawat ruang angkasa Orion dengan modul layanan Eropa

Sebelum peluncuran dibatalkan, ada beberapa gangguan yang perlu diperbaiki. Misalnya, ada kebocoran di jalur suplai hidrogen cair.

Mereka juga mencari kemungkinan retakan pada bagian roket, namun ternyata retakan tersebut bukan pada bagian tersebut, melainkan pada lapisan busa pada permukaan luar roket yang berfungsi sebagai insulasi. Ini sebenarnya telah menunda peluncuran. Namun masalah salah satu dari empat mesin tersebut tidak dapat segera diselesaikan, sehingga diputuskan untuk menunda peluncuran setidaknya beberapa hari.

Astronot di Bulan pada tahun 2025

Program bulan Artemis dipandang sebagai tonggak sejarah bagi NASA, tetapi juga untuk Badan Antariksa Eropa, yang merupakan kontributor utama. Jika peluncuran berlanjut di kemudian hari, itu akan menjadi roket bulan pertama yang meninggalkan Florida sejak 1972. Terakhir kali NASA menempatkan manusia di bulan adalah pada tahun 1972 dalam misi Apollo 17.