BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pembaruan massal.  Seorang pria yang menerima ginjal dari babi meninggal, MGB menegaskan

Pembaruan massal. Seorang pria yang menerima ginjal dari babi meninggal, MGB menegaskan

Rick Solomon, orang pertama yang menjalani transplantasi ginjal dari babi hasil rekayasa genetika, telah meninggal, menurut pernyataan dari keluarganya dan Rumah Sakit Umum Massachusetts, tempat ia menjalani prosedur bersejarah tersebut pada bulan Maret.

Keluarganya mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Sabtu malam: “Keluarga kami sangat sedih atas meninggalnya Rick yang kami cintai secara tiba-tiba, tetapi kami sangat terhibur karena mengetahui bahwa dia menginspirasi begitu banyak orang.”

Pihak rumah sakit tidak menyebutkan bagaimana dan kapan Suleiman meninggal. Seorang juru bicara perusahaan menolak memberikan informasi lebih lanjut pada hari Sabtu, dengan alasan “masalah privasi.”

“Kami tidak punya indikasi mengenai hal itu [Slayman’s death] “Itu adalah hasil transplantasinya baru-baru ini,” kata MGH dalam pernyataannya.

Solomon yang tinggal di Weymouth dan Dia bekerja sebagai direktur di Departemen Perhubungan negara bagian, menjalani cuci darah selama bertahun-tahun dan menerima sumbangan ginjal manusia pada tahun 2018 yang akhirnya gagal. Dokter MGH melakukan transplantasi ginjal babi pada 16 Maret dan Suleiman keluar dari rumah sakit pada 3 April.

Suleiman berusia 62 tahun pada saat operasi dilakukan pada bulan Maret.

“Tuan Soliman akan selamanya dipandang sebagai mercusuar harapan bagi banyak pasien transplantasi di seluruh dunia, dan kami sangat berterima kasih atas kepercayaan dan kesediaannya untuk memajukan bidang transplantasi,” kata pernyataan MGH kepada keluarga dan orang-orang terkasih Tuan Soliman sejauh yang mereka ingat. Dia adalah orang luar biasa yang kemurahan hati dan kebaikannya menyentuh semua orang yang mengenalnya.”

Ketika Suleiman keluar dari rumah sakit, dia menyebutnya sebagai “salah satu momen paling membahagiakan dalam hidup saya” dan berharap ceritanya akan menjadi tanda harapan bagi orang lain yang membutuhkan transplantasi ginjal.

READ  COVID: 88% orang yang menerima suntikan ketiga merasakan hal yang sama atau lebih baik daripada yang kedua

“Rick mencapai tujuan ini dan harapan serta optimismenya akan terus hidup selamanya,” kata keluarganya pada hari Sabtu. “Warisannya akan menjadi inspirasi bagi pasien, peneliti, dan profesional kesehatan di mana pun.

Eksperimen sebelumnya telah mentransplantasikan ginjal babi ke tubuh manusia yang mati otak dan primata non-manusia. Dalam dua tahun terakhir, dua pria menerima hati babi yang dimodifikasi secara genetik dan hidup hingga tujuh minggu.

Keluarga Solomon juga berterima kasih kepada tim dokternya, “yang melakukan segala yang mereka bisa untuk membantu memberikan kesempatan kedua pada Rick.”

“Upaya luar biasa mereka dalam memimpin transplantasi memberi keluarga kami tujuh minggu lagi bersama Rick, dan kenangan yang kami buat selama itu akan tetap ada dalam pikiran dan hati kami,” kata mereka.

Suleiman, kedua dari kanan, berdiri bersama para dokternya.Rumah Sakit Umum Michelle Rose/Massachusetts

Cerita ini terus berkembang dan akan diperbarui.


Nick Stoico dapat dihubungi di [email protected].