BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penjaga Pantai Italia menanggapi 1.300 penumpang kapal |  di luar

Penjaga Pantai Italia menanggapi 1.300 penumpang kapal | di luar

Hampir dua minggu setelah kapal tenggelam di Italia selatan, Penjaga Pantai Italia datang untuk menyelamatkan tiga kapal migran. Menurut media Italia, ada sekitar 1.300 orang di dalam kapal tersebut.

Pada Jumat pagi, Penjaga Pantai Italia menerima laporan bahwa sebuah kapal penangkap ikan mengalami masalah 70 mil laut di selatan Crotone, kota tempat kapal yang membawa sekitar 200 migran tenggelam dua minggu lalu. Menurut laporan pertama dari Frontex, ada lebih dari 500 orang di kapal tersebut.

Dua kapal lagi kini telah terlihat memasuki perairan, sekitar 100 mil lepas pantai selatan Italia. Dikatakan bahwa delapan ratus imigran lainnya berada di kedua kapal ini. Jadi total ada 1.300 orang di atas kapal yang terancam tenggelam, termasuk sejumlah besar perempuan dan anak-anak.

Marinir datang untuk menyelamatkan

Jumlah imigran begitu besar sehingga Penjaga Pantai Italia meminta bantuan Angkatan Laut. Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa kapal survei Sirio sedang dalam perjalanan “dengan kecepatan penuh” ke tempat Penjaga Pantai aktif, dengan total tujuh kapal.

Penjaga Pantai Italia mendapat kecaman karena campur tangan terlambat dua minggu lalu dalam bencana pengiriman di kota Cutro. Kapal karam itu menewaskan 73 orang. Korban ke-73 ditarik dari air Jumat pagi.

Pusat penerimaan penuh sesak

Ketiga kapal ini merupakan bagian dari rangkaian kapal yang berusaha mencapai Italia dalam beberapa hari terakhir. Tiga ribu pengungsi tiba di Sisilia dan Lampedusa dalam seminggu terakhir, dan pusat penerimaan di pulau kecil itu penuh sesak. Dalam dua bulan pertama tahun ini, total 12.000 orang menyeberang ke Italia, lebih dari dua kali lipat jumlah periode yang sama tahun lalu.

READ  Pemerintah Inggris menginginkan tindakan yang lebih keras terhadap imigran perahu ilegal

Penyelamatan itu dilakukan sehari setelah pemerintah Italia mengumumkan langkah-langkah lebih keras untuk memerangi imigrasi ilegal. Di bawah aturan baru, penyelundup manusia dapat menghadapi hukuman hingga 30 tahun penjara jika lebih dari satu orang meninggal selama perjalanan dengan kapal.

Tonton video berita kami di daftar putar di bawah ini: