BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pensiun lebih dari sekedar uang – Mei – 2021 – Berita – Pekerjaan kami

CNV International adalah bagian dari Pakta Pensiun

Tak seorang pun ingin menginvestasikan dana pensiun mereka dalam eksploitasi karyawan atau deforestasi skala besar. Dana pensiun sendiri juga ingin menginvestasikan uangnya secara berkelanjutan, pada perusahaan yang menjalankan bisnis secara bertanggung jawab. Itu sebabnya, selama dua setengah tahun, sekitar 90 dana pensiun telah bergabung dengan Piagam Pensiun IMVB, sebuah kemitraan antara pemerintah, dana pensiun, serikat pekerja dan LSM yang didukung oleh SER. Anneke Westerlaken dan Frans van de Veen dalam hal ini atas nama CNV.

Westerlaken menjelaskan: “Dana pensiun dapat mempengaruhi perusahaan tempat mereka berinvestasi. Misalnya, mereka dapat menetapkan kondisi untuk investasi mereka bahwa mereka ingin perusahaan beroperasi dengan kebebasan berorganisasi, sehingga karyawan dapat bergabung dengan serikat pekerja tanpa mendapat masalah.

Piagam Pensiun didasarkan pada pedoman Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi, Pasal 4 dan 5, yang mengatur tentang hak asasi manusia dan tenaga kerja (Organisasi Perburuhan Internasional), kebebasan berserikat dan kondisi kerja yang aman. Belanda telah menandatangani pedoman ini dan menerjemahkannya ke dalam perusahaan. Piagam pensiun dimulai pada 2019 dan memiliki jangka waktu empat tahun.

jalan yang dalam

“Dalam perjanjian ini, kami fokus pada apa yang disebut ‘jalur dalam’, di mana kami ingin melihat bagaimana kami dapat mencapai peningkatan dengan cara yang inovatif,” jelas Frans van de Veen. “Melalui sejumlah dana pensiun yang sudah banyak bergerak di bidang investasi yang bertanggung jawab, kami mengembangkan ide-ide baru tentang partisipasi, di mana hak asasi manusia (bukan pekerja anak atau pengambilalihan tanah) dan hak serikat pekerja dan karyawan (seperti bekerja kondisi dan kebebasan berserikat) adalah pusat. Serikat pekerja lainnya, LSM dan pemerintah.”

READ  Belanda tampaknya memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap deforestasi melalui impor

Westerlaken: “CNV International menggunakan jaringan serikat pekerja lokalnya untuk mendapatkan informasi yang benar, sehingga dana pensiun tahu apa yang sedang terjadi. Justru karena sebagai serikat pekerja yang berhubungan dengan pekerja rantai, kami dapat menguji kebijakan secara langsung dengan praktik. Kami juga memiliki banyak pengetahuan tentang kondisi kerja di sektor tertentu, seperti pertambangan. Serikat pekerja lain, pemerintah, LSM, serta dana pensiun memiliki pengetahuan dan kontak yang berbeda, jadi kami saling melengkapi dengan baik. Yang menarik adalah Anda membawa banyak pemangku kepentingan bersama-sama dengan cara ini, dan Anda membiarkan uang mengalir ke arah yang benar.

Van de Veen: “Pensiun lebih dari sekadar uang. Anda melihat bahwa semakin banyak orang di masyarakat kita menyadari tanggung jawab mereka. Ini bukan hanya tentang berapa banyak uang yang dapat Anda peroleh melalui investasi, tetapi juga tentang berkontribusi pada dunia yang lebih baik untuk masa depan generasi dan dunia di mana Anda dapat menikmati masa pensiun Anda.” Sendiri. Bagi perusahaan yang terlibat, ini juga tentang mengurangi risiko, karena semakin tidak dapat diterima bagi Anda sebagai perusahaan untuk berkontribusi pada kehidupan yang tidak sehat atau pencemaran lingkungan.”

Sinyal

Westerlaken: “Peran kami adalah mengidentifikasi masalah, misalnya, di perusahaan pertambangan. Kemudian kami melihat perusahaan yang aktif dan apakah uang dari dana pensiun afiliasi mengalir ke sana. Kami sekarang fokus pada enam kasus. Satu hal menarik adalah kasus karyawan yang Mereka bekerja melalui subkontraktor. Bagaimana kita memastikan mereka mendapatkan gaji yang sama untuk pekerjaan yang sama? Mereka dapat bekerja dengan aman dan bergabung dengan serikat pekerja.” “Kami juga melihat masalah ini di Eropa, perusahaan yang menyingkirkan serikat pekerja dan menyalahgunakan karyawan sementara,” tambah van de Ven.

READ  CEO Ahold Wouter Kolk: Internet adalah model pendapatan yang mahal

Westerlaken dan Van de Veen mencatat bahwa mereka belajar banyak dari berbagi perjanjian: “Bersama-sama kita melihat bagaimana membawa perubahan di perusahaan dan bagaimana Anda dapat menerapkan dan memperluas apa yang telah Anda pelajari dalam situasi lain. Terkadang pelajarannya adalah bahwa Anda mempelajari apa yang tidak berhasil.”

Anki Westerlaken adalah Ketua Dewan Direksi CNV International dan CNV Zorg & Welzijn.

Frans van de Ven adalah Direktur Dana Pensiun dan Koordinator Departemen Pensiun di CNV Vakmensen.