BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pentagon membatalkan semua proyek untuk membangun tembok perbatasan Trump di luar negeri

Trump berhasil membebaskan anggaran Pentagon untuk proyek tersebut dengan menyatakan situasi di perbatasan sebagai keadaan darurat.

Presiden petahana Joe Biden mengumumkan pada bulan Januari bahwa dia akan menyelesaikan pembangunan tembok perbatasan. “Sehubungan dengan pengumuman presiden, Departemen Pertahanan akan menyelesaikan semua proyek pembangunan tembok perbatasan yang dibayar dengan dana yang semula ditujukan untuk misi militer lainnya,” kata seorang juru bicara Pentagon pada hari Jumat. “Tindakan hari ini menunjukkan komitmen pemerintah ini untuk mempertahankan negara kami dan mendukung tentara kami dan keluarga mereka,” tambah juru bicara itu.

Trump meluncurkan kampanye kepresidenannya pada 2015 dengan janji untuk membangun tembok di perbatasan antara Amerika Serikat dan Meksiko dan meminta Meksiko membayarnya. Meksiko menolak, bagaimanapun, serta Dewan Perwakilan Rakyat, di mana Demokrat memenangkan mayoritas pada 2018, Trump tidak mendapatkan sepeser pun untuk temboknya. Pada akhirnya, Trump melewati Parlemen dan membuat keputusan kontroversial untuk membayar tembok dengan uang Pentagon, memaksa Departemen Pertahanan menghabiskan miliaran dolar untuk proyek tersebut.

READ  Juncker: Presiden Uni Eropa harus berdiri di atas para pejabat yang berdebat