BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penutup “Tanpa Kabel” dengan konektor tersembunyi di CES 2024

Penutup “Tanpa Kabel” dengan konektor tersembunyi di CES 2024

Setelah Gigabyte mendemonstrasikan dengan proyek demo Project Stealth bahwa desain menjadi lebih indah jika Anda tidak dapat melihat kabelnya, beberapa produsen mempresentasikan konsep mereka untuk PC “bebas kabel” di Computex. Di CES kita akan melihat untuk pertama kalinya motherboard dan kabinet yang benar-benar akan masuk ke pasar dalam jumlah besar. Pada artikel ini kita akan melihat motherboard dan casing “tanpa kabel” dari ASUS, MSI, Corsair, Cooler Master, InWin, dan Thermaltake.

ASUS: Motherboard, casing dan kartu video

ASUS tidak diragukan lagi merupakan pabrikan yang lebih fokus pada konsep “koneksi dengan kabel”. Di CES, merek tersebut tidak hanya menunjukkan motherboard dan sasis yang cocok untuk “BTF”, tetapi juga kartu video. Back To Future adalah sebutan ASUS untuk produk yang menyembunyikan kabel dari belakang.

Produk pertama merupakan bagian dari seri TUF Gaming. Motherboard TUF Gaming Z790-BTF WiFi memiliki semua konektor di bagian belakang dan memiliki slot daya khusus yang sejajar dengan slot PCIe x16 kartu video Anda. Ditampilkan juga, RTX 4070 Ti Super TUF Gaming BTF White Edition terhubung ke catu dayanya sendiri; Kartu ini tidak lagi memiliki sambungan listrik yang longgar di bagian atas kartu. Juga akan ada casing yang cocok yang memiliki slot yang diperlukan di baki motherboard untuk konektor di bagian belakang, yaitu TUF Gaming GT302 BTF. Kabinet ini tidak hanya memiliki slot untuk motherboard ATX, tetapi juga dipersiapkan untuk motherboard Micro-ATX dan Mini-ITX masa depan dengan konsep BTF.


ASUS TUF BTF

Di bawah nama merek ROG, ASUS melakukan perubahan yang sama pada perangkat yang lebih premium. Pada ROG Hyperion GR701 BTF, pabrikan menunjukkan motherboard ROG Maximus Z790 Hero BTF dan kartu video ROG RTX 4090 Strix BTF. Konsumsi daya yang tinggi pada video card ini tidak menjadi masalah, karena konektor slot yang digunakan mampu menampung daya hingga 600 watt.


ASUS RTX 4090 BTF dilengkapi dengan slot konektor untuk catu daya

ASUS berencana merilis produk BTF yang ditawarkan pada akhir kuartal pertama.

READ  Microsoft Flight Simulator krijgt dit jaar ondersteuning voor DLSS - Gaming - Nieuws

MSI: Casing dan motherboard dalam berbagai ukuran

MSI juga membuat langkah besar di bidang PC “tanpa kabel” dan meluncurkan produk serupa dengan nama Project Zero. Di CES, pabrikan memamerkan model Micro-ATX yang ada dengan chipset AMD B650 dan Intel B760, serta model ATX baru dengan chipset Intel Z790. Sama seperti ASUS, semua konektor terletak di bagian belakang, namun slot untuk menghubungkan catu daya ke video card belum tersedia di MSI.


Tiga motherboard MSI Project Zero, dengan model Z790-ATX baru di sebelah kanan

Selain motherboard, MSI juga memamerkan tiga case yang kompatibel dengan Project Zero. Model teratas adalah MEG Maestro 700L PZ, dengan desain ruang ganda dan kaca melengkung menutupi bagian depan dan samping casing.


MSI MIG Maestro 700L PZ

MAG Pano 100L PZ yang lebih kecil juga dilengkapi desain dua bagian, memberikan ruang 9cm untuk kabel di belakang motherboard. Model ini memiliki slot passthrough untuk motherboard ATX dan Micro-ATX serta memiliki tiga bagian kaca, dengan bagian sudut antara bagian depan dan samping. Ini akan dijual mulai bulan Maret dan akan berharga sekitar $120, tetapi untuk jumlah itu Anda tidak akan mendapatkan penggemar.

Terakhir ada MAG Pano M100R PZ yang hanya mampu menampung motherboard Micro-ATX. Kabinet ini juga memiliki desain yang lebih tradisional dengan ruang hanya 3,3cm untuk manajemen kabel. Namun, kaca tiga bagian yang khas pada kabinet Pano yang lebih besar tetap ada.


MSI MagPano M100R PZ

Hebatnya, saingannya Gigabyte, yang secara efektif menciptakan konsep tersebut dengan Project Stealth-nya, tidak memamerkan produk apa pun untuk konsep “bebas kabel” ini di stannya di CES.