BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perhatian pengguna WhatsApp!  Salinan Palsu Ini Mencuri Data Anda – Ditipu?!

Perhatian pengguna WhatsApp! Salinan Palsu Ini Mencuri Data Anda – Ditipu?!

Versi penipuan baru dari layanan pesan populer WhatsApp telah tersedia. Di bawah nama “YoWhatsApp”, aplikasi Android menjual dirinya sebagai versi yang lebih baik dan lebih eksklusif dari versi reguler. Namun, semua ini hanyalah alasan: varian tidak resmi dapat mencuri data dari pengguna. Jadi jangan instal!

Dari Artikel dari blog teknologi Bleepingcomputers Ternyata khusus terkait dengan nomor versi v2.22.11.75 dari YoWhatsApp. Aplikasi Android yang berfungsi penuh tidak tersedia di Google Playstore, tetapi tersedia di platform lain. Peneliti Kaspersky Saya baru-baru ini menemukan versi nakal melalui iklan dari aplikasi lain: Snaptube.

Kirim lebih banyak ikon dan file yang lebih besar

YoWhatsApp mencoba memenangkan pengguna dengan fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh layanan perpesanan nyata. Pikirkan lebih banyak ikon, antarmuka yang dapat disesuaikan, dan kirim file yang lebih besar. Semuanya terlihat sangat bagus, tetapi sebenarnya tidak.

Bukan aplikasi yang lebih baik, tetapi malware

Aplikasi ini menggunakan hak yang sama dengan WhatsApp resmi. Setelah Anda menggunakannya, Anda memberikan izin kepada pembuatnya untuk mengambil data Anda dari WhatsApp resmi. Dengan cara ini aplikasi “berfungsi” di perangkat Anda dan dapat diakses oleh kontak Anda. Tetapi ada virus yang disembunyikan di kode sumber versi ini. Setelah Anda menginstal versi YoWhatsApp ini, Anda juga menginstal Trojan horse Triada di perangkat Anda. Dan Anda benar-benar tidak menginginkannya di sana.

YoWhatsApp dan WhatsApp Plus

Kuda Troya Triada

Triada mengirimkan kunci akses penting ke server pengembang. Tanpa menyadarinya, mereka kemudian dapat menggunakan kunci ini dan melakukan tindakan. Misalnya, pihak jahat – seperti peretas – dapat mengambil alih akun Anda atau membagikan informasi sensitif. apakah aplikasi telah disalahgunakan, Jangan biarkan Kaspersky tahu. Namun, Snaptube sekarang mengetahui pengumuman aplikasi jahat tersebut.

Banyak aplikasi tidak resmi di pasar

Sayangnya, YoWhatsApp bukan satu-satunya alternatif tidak resmi untuk layanan perpesanan populer. Misalnya, saat ini ada “WhatsApp Plus” di pasaran. Awal bulan ini, Meta mengumumkan pembuat tiga aplikasi lagi Sudah digugat. Bersama-sama mereka telah mencuri lebih dari satu juta akun.

Cegah malware di perangkat Anda

Agar jelas, tidak semua varian tidak resmi mengandung malware. Namun, kami menyarankan Anda untuk berhati-hati. Instal hanya aplikasi resmi melalui, misalnya, Google Play Store. Apakah Anda menerima tautan yang meragukan melalui “kenalan”? Selalu periksa secara langsung jika dia sudah mengirimnya.

READ  Setetes air di asteroid mendukung teori tentang asal usul kehidupan di Bumi | Ilmu Pengetahuan