BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pertemuan singkat antara Zelensky dan Orban saat pelantikan Miley

Pertemuan singkat antara Zelensky dan Orban saat pelantikan Miley

Pekerja kota di Kiev kemarin merobohkan patung Mykola Shchors yang sedang berkuda, mantan komandan Tentara Merah. Patung, yang didirikan pada tahun 1954, dipindahkan dari alasnya dengan derek dan mendapat tepuk tangan dari sekelompok kecil penonton. Pesawat itu akan disimpan di Museum Penerbangan Negara, menurut pejabat kota.

Patung itu adalah monumen Soviet terbaru yang dipindahkan dari ibu kota Ukraina sejak Rusia melancarkan invasi besar-besaran tahun lalu. Sejak itu, proses penghapusan simbol-simbol dari masa Soviet, yang oleh banyak orang Ukraina dianggap sebagai masa imperialisme Rusia, semakin cepat.

“Proses de-Russifikasi dan de-komunisme terus berlanjut,” kata Mykhailo Budilov, direktur departemen pengendalian regional ibu kota, dalam sebuah pernyataan. “Kami telah membongkar lebih dari 60 monumen yang berkaitan dengan sejarah dan budaya Rusia dan Uni Soviet.”

Meskipun pemindahan monumen-monumen Soviet bergantung pada dukungan publik, ada juga warga Ukraina yang mempertanyakan apakah ini merupakan penggunaan sumber daya keuangan yang benar. Mereka tidak menganggap pemindahan patung itu sebagai prioritas dan lebih memilih dana yang disalurkan ke pihak yang berperang melawan Rusia yang telah berlangsung selama hampir dua tahun.

Suara yang sama juga terdengar pada bulan Agustus tahun ini, ketika patung raksasa “Ibu Pertiwi Ukraina” dicopot dari palu dan aritnya – simbol Uni Soviet lama – dan sebagai gantinya trisula Ukraina dipasang di perisainya. Menteri Kebudayaan saat itu, Oleksandr Tkachenko, akhirnya harus membayar keributan tersebut dengan pengunduran dirinya.

Sebas van Aert

AFP – Orang-orang berkumpul di sekitar patung mantan komandan Tentara Merah Mykola Shchors yang digulingkan.
READ  Mantan direktur Louvre yang diduga melakukan pencurian seni ditangkap | Luar negeri