BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pihak-pihak yang bertikai di Yaman sepakat mengenai jalan menuju perdamaian

Pihak-pihak yang bertikai di Yaman sepakat mengenai jalan menuju perdamaian

Pemakaman di Sanaa

Berita Noos

Pihak-pihak yang bertikai di Yaman menyepakati langkah-langkah yang harus diambil untuk mengakhiri perang saudara. Utusan Khusus PBB untuk Yaman Hans Grundberg mengatakan hal ini termasuk gencatan senjata nasional, perbaikan kondisi kehidupan dan “dimulainya kembali proses politik yang komprehensif di bawah kepemimpinan PBB.”

Perang saudara telah berkecamuk di Yaman selama sepuluh tahun antara Houthi yang didukung Iran dan pemerintah yang diakui secara internasional, yang mendapat dukungan dari Arab Saudi, Amerika Serikat, dan Inggris. Pada akhir tahun 2021, pertempuran tersebut telah merenggut sekitar 377.000 nyawa, sebagian karena perang, dan sebagian lagi karena krisis kemanusiaan yang diakibatkannya.

Kelompok Houthi berkuasa di wilayah barat laut, dan pemerintahan di wilayah lainnya. Pembicaraan untuk mengakhiri konflik mendapatkan momentumnya tahun ini dan berujung pada pertukaran tahanan pada bulan April.

Serangan di Laut Merah

Tidak jelas sejauh mana terobosan tersebut telah dicapai. Jika benar demikian, maka hal ini akan menjadi kejutan ketika kelompok Houthi banyak diberitakan. Mereka menargetkan kapal-kapal yang melakukan perjalanan di Laut Merah yang mereka yakini memiliki hubungan dengan Israel. Houthi memihak Palestina dalam perang di Gaza dan ingin menyerang Israel.

PBB mengatakan demikian di sana Diperbarui Tidak ada pembicaraan mengenai negosiasi untuk mengakhiri perang saudara di Yaman.

READ  Setidaknya lima puluh orang tewas dalam pembantaian selama misa Pentakosta di gereja Nigeria di luar negeri