BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pilot disandera di Papua Indonesia: Kelompok pemberontak menuntut kemerdekaan |  di luar

Pilot disandera di Papua Indonesia: Kelompok pemberontak menuntut kemerdekaan | di luar

Sebuah kelompok pemberontak separatis telah merilis rekaman seorang pilot Selandia Baru yang mereka sandera. Philip Mertens bekerja untuk maskapai penerbangan Indonesia dan baru saja mendarat di bandara kecil di Kabupaten Nduga, Papua. Dia diterbangkan setelah pesawat bermesin tunggal miliknya dibajak oleh pemberontak.

Penduduk asli provinsi Indonesia memiliki budaya kesukuan yang asing bagi seluruh Indonesia. Negara ini menjadi Indonesia pada tahun 1962 bertentangan dengan keinginan banyak orang Papua. Sejak itu, ada kelompok bersenjata yang berjuang untuk kemerdekaan

Surat kabar Selandia Baru melaporkan bahwa pemberontak separatis menyandera pilot Christchurch Philip Marc Mertens pekan lalu. Penumpang pesawat baru saja mendarat di daerah terpencil ketika mereka disergap dan diancam akan dibunuh. Karena pemberontak menuntut kemerdekaan provinsi mereka, mereka menculik Mehrtens. Gambar sandera dikirim ke Associated Press. Dia akan sehat.

Bupati mengatakan dia menyesali kecelakaan itu dan pihak berwenang telah menjadikan keselamatannya sebagai prioritas utama. Menteri memulai negosiasi dengan para pemimpin klan, tetapi juga menegaskan bahwa dia tidak akan memenuhi tuntutan tersebut. “Papua akan selalu menjadi bagian yang sah dari NKRI,” kata Jakarta.

Pemberontak mengirim foto sandera, Philip Marc Mehrtens, ke kantor berita. © AP

READ  Samenvatting van de acties: de lockdown gaat door en de avondklok begint om 22.00 uur.