BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden Afrika Selatan mendapat dukungan dari partainya dalam kasus korupsi

Presiden Afrika Selatan mendapat dukungan dari partainya dalam kasus korupsi

Badan Perlindungan Lingkungan

Berita NOS

Presiden Afrika Selatan, Ramaphosa, yang dituduh melakukan korupsi, mendapat dukungan dari pertemuan puncak partainya, Kongres Nasional Afrika. Dia ditembak dalam kasus pencurian sejumlah besar uang dari ladangnya.

Sebuah komisi penyelidikan parlemen menyiapkan laporan kritis mengenai hal ini. Itu muncul minggu lalu dan seharusnya dibahas di parlemen besok, tetapi ditunda hingga Selasa depan.

Pimpinan partai memutuskan setelah konsultasi akhir pekan bahwa anggota parlemen ANC akan memberikan suara menentang kemungkinan tindakan pemakzulan. Partai yang berkuasa memiliki mayoritas besar di Parlemen.

Undang-undang antikorupsi

Laporan itu mengatakan ada indikasi pelanggaran dan kemungkinan pelanggaran konstitusi oleh Ramaphosa. Itu juga akan melanggar undang-undang anti-korupsi.

Sebelumnya hari ini, menjadi jelas bahwa Ramaphosa telah pergi ke Mahkamah Konstitusi agar laporan tersebut dinyatakan ilegal.

Penjualan kerbau

Ramaphosa didiskreditkan musim panas lalu ketika seorang pendukung Zuma mengatakan presiden menutupi pencurian. Diduga, sejumlah besar uang telah dicuri dari peternakan permainannya. Uang itu dikatakan telah disembunyikan di sofa.

Presiden mengaku mencuri uang itu, tetapi mengatakan itu $580.000 dan bukan $4 juta, seperti yang dilaporkan sebelumnya. Jumlah besar itu konon berasal dari penjualan kerbau. Komite investigasi mengatakan dalam laporan bahwa ada “keraguan besar” tentang pembacaan itu.

Kepala negara berusia 70 tahun itu berkuasa pada 2018 dengan janji memerangi korupsi. Ia menggantikan Jacob Zuma, yang juga anggota Kongres Nasional Afrika. Dengan demikian, partai tersebut terbagi antara pendukung Zuma dan pendukung Ramaphosa.

READ  1,5 juta rumah di Amerika Serikat mati listrik akibat badai musim dingin dan keadaan darurat di New York | luar negeri