BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Puluhan tewas dalam dua serangan di Burkina Faso

Puluhan tewas dalam dua serangan di Burkina Faso

Kekerasan telah meletus di Burkina Faso dalam beberapa tahun terakhir

Berita NOS

Otoritas setempat mengatakan sedikitnya 44 orang tewas dalam dua serangan di Burkina Faso utara. Tidak jelas siapa yang berada di balik serangan itu. Pihak berwenang berbicara tentang “kelompok teroris bersenjata”.

Desa Korkou dan Tondobe di wilayah Sahel di negara Afrika Barat menjadi sasaran serangan malam dari Kamis hingga Jumat. Kelompok-kelompok Islam yang terkait dengan al-Qaeda dan ISIS aktif di wilayah itu. Kelompok ini kerap melancarkan serangan di wilayah masing-masing.

Burkina Faso adalah salah satu negara termiskin di dunia. Kekerasan bertahun-tahun telah menyebabkan ketidakstabilan politik yang hebat. Sebagian besar wilayah tidak dikendalikan oleh pemerintah dan ada dua kudeta tahun lalu oleh tentara yang berjanji akan menumpas jihadis.

Jutaan orang telah melarikan diri dari kekerasan dalam beberapa tahun terakhir. Ribuan meninggal. Kerusuhan di wilayah itu dimulai pada 2012 di negara tetangga Mali, ketika kaum Islamis menumpas gerakan separatis. Kemudian kekerasan menyebar ke Burkina Faso dan Niger.

READ  Pemimpin Myanmar yang digulingkan kembali meminta untuk berbicara dengan pengacaranya