BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Putin memberikan paspor Rusia kepada Snowden kepada pelapor AS | Teknik

Detektif Edward Snowden telah diberikan kewarganegaraan Rusia. Itu terjadi pada hari Senin setelah Presiden Vladimir Putin menandatangani dekrit khusus.

Snowden, 39, mantan agen CIA dan administrator sistem untuk NSA, dituduh menjadi mata-mata di Amerika Serikat. Dia memberi wartawan dokumen rahasia pada tahun 2013.

Penemuannya menunjukkan bahwa NSA mengumpulkan data internet dan telepon dari warga dalam skala besar. Dengan melakukan itu, Secret Service akan melanggar undang-undang intelijen AS dan mungkin Konstitusi AS Aturan pengadilan AS dua tahun lalu.

Snowden telah tinggal di Rusia sejak 2013, setelah menikah dengan blogger Lindsey Mills di Moskow. Dia sebelumnya mengatakan bahwa dia tidak ingin kembali ke tanah airnya kecuali dia dijamin pengadilan yang adil.

Sebelum pengungkapan Snowden, pejabat tinggi intelijen AS selalu menyangkal bahwa data tersebut sengaja dikumpulkan dari warga AS. Kemudian, pejabat yang sama ini berpendapat bahwa pengumpulan data sangat penting untuk memerangi terorisme domestik.

READ  NATO mengusir delapan diplomat Rusia