BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

PvdA dan GroenLinks ingin mengakhiri ‘surga pajak Belanda’

PvdA dan GroenLinks ingin mengakhiri ‘surga pajak Belanda’

“Mereka benar-benar tidak melakukan apa-apa, dan sekarang mereka melakukan sangat sedikit.” Itulah yang dikatakan pemimpin GroenLinks Jesse Claver tentang bagaimana Kabinet berusaha membuat Belanda sedikit kurang menarik sebagai surga pajak bagi perusahaan internasional besar. Bersama dengan Paul Tang, MEP untuk Partai Buruh (PvdA), dia mempresentasikan rencana hari ini.

Sudah pada tahun 2018, Menteri Keuangan Minoo Senel berjanji untuk mengakhiri surga pajak bagi Belanda. Tapi, kata Tang: “Belanda masih merupakan surga pajak.”

Lima surga pajak teratas

Kedua partai sayap kiri menjelaskan dalam catatan inisiatif mereka bahwa 55 dari 100 perusahaan terbesar di dunia menggunakan Belanda untuk menghindari pajak. Juga tahun lalu, Belanda masuk dalam lima besar surga pajak global, bersama dengan negara-negara seperti Bermuda dan Kepulauan Cayman. Dan baru-baru ini menjadi jelas bagaimana Qatar menghindari pajak melalui Belanda di negara-negara seperti Indonesia, Spanyol, dan Polandia.

Apa yang harus dilakukan tentang itu? Poin-poin yang dikemukakan oleh kedua belah pihak pada dasarnya merupakan pengulangan dari apa yang sebelumnya dinyatakan atau direkomendasikan dalam laporan, seperti yang diakui oleh GroenLinks dan PvdA. Tapi karena Kabinet masih belum bisa berbuat banyak dengannya, mereka mengalihkan perhatian padanya lagi.

Larang biro kredit

Antara lain, para pihak ingin melarang apa yang disebut biro kepercayaan, yang membantu perusahaan email menghindari pajak. Karena mereka berkata: “Perusahaan tidak berhak mendapatkan keuntungan dari fasilitas yang baik di Belanda tanpa memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Belanda”.

GroenLinks dan PvdA sama-sama menginstruksikan pemerintah untuk menyelidiki apakah larangan semacam itu dimungkinkan secara hukum.

Salah satu usulan juga untuk mempublikasikan kesepakatan pajak dengan korporasi. Saat ini masih menjadi misteri bagaimana peraturan perpajakan Belanda berlaku dan hak warga negara untuk mengetahuinya.

READ  Gebruik istilah 'bersiap' di Rijksmuseum-tentoonstelling volgens OM niet strafbaar

Kerjasama internasional

Hal-hal harus berubah tidak hanya di Belanda. Para pihak juga ingin pemerintah bekerja sama dengan negara lain untuk mengurangi penghindaran pajak di sini. Misalnya, laba perusahaan global besar di sektor teknologi harus dikenakan pajak dalam konteks Eropa di tempat pembuatannya.

Para pihak juga menginginkan Administrasi Pajak dan Bea Cukai Belanda untuk bekerja sama lebih baik dengan otoritas pajak lain di dunia dan memperketat perjanjian pajak internasional.

Bersama-sama, langkah-langkah ini akan menghasilkan miliaran pendapatan pajak tambahan untuk Belanda.