BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rekam jumlah pengungsi yang melintasi Selat ke Inggris | Saat ini

Kementerian Pertahanan Inggris melihat rekor jumlah pengungsi menyeberangi Selat pada hari Senin. Pihak berwenang mendaftarkan 1.295 migran yang menyeberangi perairan antara Inggris dan Prancis dalam waktu 24 jam.

Catatan harian baru bukanlah fakta yang terisolasi. Inggris telah melihat peningkatan tajam dalam jumlah pengungsi yang bepergian ke Inggris untuk beberapa waktu.

Sejauh ini tahun ini 22.670 imigran telah terdaftar, hampir dua kali lipat jumlah yang tercatat pada waktu yang sama tahun lalu. Sepanjang tahun 2021 tercatat 28.526 pengungsi. Tahun ini, pihak berwenang memperkirakan jumlah total mencapai 60.000.

Rekor hari sebelumnya adalah 1.185 orang. Itu terjadi pada November 2021.

Awal tahun ini, pihak berwenang Inggris mengatakan mereka memperkirakan jumlah pengungsi akan turun tajam, karena jaringan besar penyelundup manusia dibongkar. Menurut Europol, dinas kepolisian Eropa, jaringan itu bertanggung jawab atas transit sepuluh ribu pengungsi dalam satu setengah tahun.

Semakin banyak pengungsi ilegal di seluruh saluran

Sejak 2020, semakin banyak migran yang mencoba mencapai Inggris secara ilegal melalui Channel. Ada banyak upaya, terutama di musim panas. Kemudian cuaca biasanya baik.

Inggris berusaha mengurangi jumlah upaya dengan tindakan tegas. Misalnya, hukuman yang lebih keras telah dijatuhkan pada penyelundup manusia dan pemerintah Perdana Menteri Boris Johnson telah menyusun rencana untuk mendeportasi pencari suaka ke Rwanda.

Sisi positifnya menyebabkan ketegangan antara Inggris dan Prancis. Pemerintah Inggris berpendapat bahwa Prancis tidak berbuat cukup untuk mencegah migrasi perahu.

Menurut polisi Prancis, tidak semua kapal bisa dihentikan karena banyaknya pendatang dan garis pantai yang panjang. Para penyelundup juga tahu bagaimana menghindari keamanan. Tuduhan datang dari Paris bahwa undang-undang perburuhan Inggris mendorong migran perahu.

READ  Serangan udara berat di Kramatorsk: 'Kami baru saja memulai' | Saat ini