BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rohingya terdampar di Indonesia, PBB mengatakan kapal lain ‘mungkin’ tenggelam

Sebuah kapal yang membawa 185 orang Rohingya terdampar di pantai di provinsi Aceh, Indonesia pada hari Senin. Hal ini dilaporkan oleh badan penanggulangan bencana setempat Kantor berita Reuters. Itu adalah hari kedua berturut-turut sebuah kapal dari Bangladesh singgah di Indonesia setelah lama tertunda. Karenanya, sebuah kapal tiba di Aceh pada hari Minggu Juru bicara UNHCR telah menyelamatkan 58 orang di dalamnya.

Wartawan dari kantor berita AFP mencatat bagaimana para pengungsi, yang sangat lemah akibat perjalanan, diberi infus. Salah satunya adalah Omar Farooq yang berusia 14 tahun, yang mengatakan kepada kantor berita bahwa dia datang ke Indonesia dengan harapan untuk belajar. Setiap tahun, ratusan Rohingya – banyak dari mereka anak-anak – mempertaruhkan nyawa mereka untuk mencoba mencapai Malaysia atau Indonesia dari Bangladesh. Ratusan ribu Rohingya tinggal di kamp pengungsian di Bangladesh akibat penganiayaan brutal di negara tetangga Myanmar.

Lebih lanjut 180 pengungsi Rohingya diyakini telah meninggal. laporan UNHCR. Itu cukup layak untuk penumpang di atas kapal kayu yang meninggalkan Bangladesh pada akhir November. Dengan kemungkinan kapal tenggelam, 2022 akan menjadi salah satu tahun paling berbahaya bagi minoritas Muslim di laut. Sekitar 200 Rohingya tewas di laut sepanjang tahun ini, tidak termasuk kasus ini.

Baca juga artikel tahun 2020 tentang Rohingya di Indonesia ini: Rohingya mendarat di Aceh setelah tujuh bulan ‘disandera’ di laut

READ  Ini adalah penjelasan sederhana untuk mata hitam Marilyn di GTST