BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sampel Asteroid Bennu dari Misi Osiris-Rex NASA Akan Masuk Bumi – Langsung |  NASA

Sampel Asteroid Bennu dari Misi Osiris-Rex NASA Akan Masuk Bumi – Langsung | NASA

acara utama

Jelaskan pentingnya Bennu

Nikola Davis

Ditemukan pada tahun 1999, ini adalah “asteroid tumpukan puing”, yang berarti kumpulan besar batuan luar angkasa yang disatukan oleh gravitasi. Batuan ini diyakini telah terpisah dari benda yang lebih besar, dan berusia sekitar 4,6 miliar tahun, artinya batu tersebut terbentuk pada waktu yang hampir bersamaan dengan tata surya.

Yang lebih penting lagi, asteroid tersebut diketahui kaya akan material berbasis karbon Mineral lempung yang mengandung air – menunjukkan bahwa air cair pernah ada di benda yang lebih besar tempat Bennu terbentuk.

Para peneliti mengatakan ini berarti bahwa sampel yang saat ini meluncur menuju Bumi dapat membantu para ilmuwan memahami bahan-bahan apa yang digunakan untuk membuat planet termasuk planet kita, dan bagaimana bahan-bahan ini bersatu untuk membentuk lingkungan yang cocok untuk kehidupan.

Namun ada alasan lain untuk mempelajari Bennu. Diantaranya, para peneliti ingin lebih memahami cara memprediksi dan mempertahankan Bumi dari potensi serangan asteroid – dan Bennu mempunyai risiko serangan di masa depan.

Diklasifikasikan sebagai “potensi bahaya”, Bennu mengorbit matahari kita setiap 1,2 tahun dan mendekati Bumi setiap enam tahun. Namun meskipun NASA mengatakan tidak ada kemungkinan benda itu bertabrakan dengan Bumi pada pertengahan abad ke-21, setelah itu – dan setidaknya hingga tahun 2300 – terdapat 1 dalam 1.750 kemungkinan benda tersebut bertabrakan dengan planet kita.

Nikola Davis

Nikola Davis

Sementara kita menunggu kapsul berisi potongan batuan luar angkasa dari asteroid Bennu tiba, ada baiknya kita melihat kembali bagaimana kita sampai pada titik ini dan pencapaian luar biasa dari para ilmuwan yang terlibat.

READ  DEAR ABBY: Pria yang saya kencani memberi saya HIV setelah dia menyangkal bahwa dia mengidapnya

Seluruh nama misi penuh dengan kata-kata: Asal Usul, Interpretasi Spektral, Identifikasi Sumber Daya, dan Penjelajah Regolith Keamanan. Namun singkatnya, ini mungkin lebih baik digambarkan sebagai permainan luar angkasa yang saling menghancurkan.

Sasarannya, Bennu, adalah tumpukan puing yang disatukan secara longgar oleh gravitasi. Lebarnya sama dengan Empire State Building, dan mengorbit mengelilingi Bumi, melewati planet kita setiap enam tahun sekali.

Pesawat ruang angkasa Osiris-Rex, seukuran truk transit, meluncur menuju Bennu pada bulan September 2016, dan tiba di asteroid dua tahun kemudian, pada bulan Desember 2018. Setelah berada di orbit, ia terbang hanya satu mil di atas asteroid, mencatat rekor dari orbit terdekat benda planet tersebut. Dengan pesawat ruang angkasa – ia mulai memetakan Bennu, sehingga para ilmuwan dapat memilih lokasi terbaik untuk mengambil sampel. Diputuskan bahwa tujuannya adalah kawah Nightingale milik asteroid.

Kapsul sampel diperkirakan akan mendarat pada pukul 10:55 ET di dekat Salt Lake City

Kapsul sampel yang membawa bebatuan dan debu dari Bennu diperkirakan akan mendarat di dekat Salt Lake City pada pukul 10:55 ET hari ini.

berdasarkan NASASetelah pesawat ruang angkasa Osiris-Rex mencapai 63.000 mil dari permukaan bumi pada hari Minggu, atau sekitar sepertiga jarak Bumi ke Bulan, ia akan meluncurkan kapsul sampel. Waktu rilis adalah pukul 06:42 ET.

Kapsul tersebut melaju dengan kecepatan 27.650 mil per jam diharapkan Memasuki atmosfer bumi sekitar pukul 10:42 ET di lepas pantai California Utara pada ketinggian sekitar 83 mil di atas permukaan.

Kapsul tersebut kemudian dijadwalkan mendarat 13 menit kemudian pada pukul 10:55 ET di area yang terletak di Area Uji dan Pelatihan Utah Departemen Pertahanan dekat Salt Lake City.

READ  Para astronom memecahkan misteri si kembar yang hilang di pusat galaksi

Anggota tim misi dijadwalkan untuk mengambil sampel tersebut setelah mendarat “untuk memastikan bahwa sampel tersebut tidak terkontaminasi akibat paparan terhadap lingkungan bumi.” Dia berkata NASA.

Mereka kemudian akan mengangkutnya melalui helikopter ke ruang bersih sementara untuk mempersiapkan pemindahannya ke Johnson Space Center NASA di Houston pada hari Senin.

Selamat pagi pembaca AS dan selamat malam pembaca Inggris,

Sampel calon asteroid dari misi Osiris-Rex tujuh tahun NASA dijadwalkan memasuki atmosfer bumi hari ini.

Pagi ini, pada 6:42 ET/11:42 GMT, pesawat ruang angkasa Osiris-Rex merilis kapsul berisi sampel puing dan debu yang dikumpulkannya dari asteroid Bennu dekat Bumi.

Kapsul ini kini meluncur menuju Bumi dengan kecepatan sekitar 27.650 mil per jam.

Sekitar 20 menit setelah kapsul diluncurkan, pesawat ruang angkasa itu berbalik dan menjauh dari Bumi untuk memulai misi baru menjelajahi asteroid lain, yang dikenal sebagai Apophis, yang akan memakan waktu sekitar enam tahun untuk mencapainya.

Saat ini, kami dengan cemas menunggu kedatangan sampel Bennu ke Bumi, dan sampel tersebut diperkirakan akan mendarat sekitar pukul 10:55 ET/15:55 GMT.

Sampel dari Bennu “berfungsi sebagai kapsul waktu dari masa-masa awal tata surya kita dan akan membantu kita menjawab pertanyaan besar tentang asal usul kehidupan dan sifat asteroid.” Dia berkata NASA.

Ikuti kami saat kami memberikan Anda pembaruan terkini tentang comeback bersejarah ini.