BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seberapa sering saya harus berdebu? Kegagalan untuk membersihkan dapat menyebabkan infeksi paru-paru

permainan

  • Debu sebagian besar mengandung sel-sel kulit, potongan serangga, rambut Anda, dan potongan pakaian Anda di tingkat dasar.
  • “Debu membawa berbagai produk yang dapat menyebabkan infeksi aneh.”
  • Lebih baik menggunakan pel basah daripada pel debu kering.

Tentu, Anda bisa membersihkan debu, tetapi bagaimana dengan di atas kipas angin di langit-langit atau di belakang kulkas? Seberapa buruk kelinci debu di sana-sini?

Kata para ahli yang buruk.

Penumpukan debu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, menurut ahli paru-paru Rumah Sakit Johns Hopkins Dr. Panajis Galyatsatos, termasuk infeksi paru-paru yang serius dan dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan kematian.

“Menghirup debu halus dapat mengancam jiwa tergantung pada eksaserbasi orang tersebut dengan asma,” kata Galyatsatos.

Debu bisa masuk ke saluran udara kita dengan setiap napas yang kita ambil atau menyentuh benda berdebu, tapi berapa banyak kita?

Inilah yang harus Anda ketahui tentang debu — dan cara menjauhkannya dari rumah dan tubuh Anda.

Apa yang ada di dalam debu?

Debu sebagian besar mengandung sel-sel kulit, potongan serangga, rambut Anda, dan potongan pakaian Anda di tingkat dasar. Di bawah tingkat dasar adalah bahan kimia yang bocor dari produk rumah tangga, menurut Donald.

Miriam Donald, seorang profesor di University of Toronto, telah melakukan lebih dari 10 penelitian tentang debu dan mengatakan bahwa bahan kimia dan bahan penahan dapat terbentuk dari dalam ruangan.

“Kami terkena debu saat bernapas dan saat menyentuh sesuatu,” kata Donald. Anak-anak kecil, terutama bayi yang merangkak, dapat berinteraksi lebih banyak dengan partikel debu daripada orang dewasa, katanya.

READ  Elon Musk menunjukkan pipa liar untuk 29 mesin Super Heavy Booster (foto)

Bahan kimia dalam penolak noda dan cat timbal yang digunakan di rumah dan apartemen dapat ditemukan di beberapa partikel debu yang dapat menyebabkan efek fisik yang lebih halus.

Dokter masih heran: Bagaimana bakteri asing menyebabkan kerusakan otak pada seorang gadis Texas?

“Seringkali kita tidak tahu bahan lengkap produk dan kita tidak tahu apa yang bisa menjadi racun di dalamnya,” kata Donald.

Debu juga mengandung alergen yang dapat memicu gejala asma.

“Orang dengan alergi perlu menjaga kebersihan lingkungan,” kata Donald. “Saya bahkan tidak bisa membayangkan jika seseorang berhenti membersihkan debu selama setahun.”

Debu yang menumpuk selama lebih dari satu tahun dapat mengandung semua jenis bakteri dan mikroba, kata Donald. Dia juga mengatakan bahwa tubuh kita tidak dibuat untuk menghirup banyak debu dan itu bisa merusak paru-paru Anda.

“Kami tahu itu tidak baik untuk kesehatan masyarakat.”

Apa yang bisa terjadi pada kesehatan saya?

Sebagian besar debu tidak banyak mempengaruhi manusia, tetapi partikel yang lebih kecil dapat masuk ke paru-paru dan menyebabkan iritasi, kata Galitsatos, seorang dokter di Rumah Sakit Johns Hopkins.

“Anda akan batuk atau bersin,” kata Galyatsatos.

Interaksi pertama debu adalah dengan saluran udara dan kebanyakan orang akan menghirupnya kembali atau memaksanya keluar.

“Bagi sebagian orang, respons ini bisa menjadi sangat berlebihan dan dapat menyebabkan sesak napas saat Anda mencoba mengeluarkannya,” kata Galyatsatos. “Ini setara dengan asma.”

Jamur juga dapat menyebar dalam debu yang dapat menyebabkan alergi aspergillosis bronkopulmoner, reaksi alergi atau hipersensitif terhadap jamur yang dikenal sebagai Aspergillus fumigatus, dalam kasus yang jarang terjadi.

“Debu membawa berbagai produk yang dapat menyebabkan infeksi aneh,” kata Galyatsatos.

READ  Pejabat kesehatan mendesak atlet pelajar untuk divaksinasi ketika Utah melaporkan 1.050 kasus baru COVID-19

Seberapa sering dan apa cara terbaik untuk menghilangkan debu?

Donald mengatakan cara terbaik untuk menghilangkan debu adalah dengan pel basah. Menyeka debu secara kering dapat menyebabkan partikel terdispersi lebih jauh dan terhirup.

Seberapa banyak Anda berdebu hanya bergantung pada seberapa berdebu rumah Anda.

“Rumah baru cenderung kurang berdebu daripada rumah lama,” kata Donald. Apakah Anda memiliki anjing atau kucing, sejumlah besar anak-anak?

Galiatsatos menyarankan orang untuk menghindari pemicunya dan waspada terhadap pengelolaan debu karena dapat memengaruhi seseorang yang memasuki rumah Anda. Disarankan juga untuk memakai masker wajah saat menghilangkan debu.

Tips terakhir Donald adalah “berhati-hatilah saat membersihkan kipas langit-langit agar tidak rontok”.

Ini adalah ide yang cerdas: Cara terbaik untuk membersihkan semua kotoran dan kotoran di perangkat teknologi Anda

Apa yang Anda hirup di rumah Anda?: Polusi udara di dalam rumah saya dapat membunuh saya.

Ikuti reporter Asha Gilbert @Coastalasha. Email: [email protected]