BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebuah penelitian menemukan bahwa vegetarian memiliki risiko kanker 14% lebih rendah dibandingkan dengan makan daging vegan

Sebuah penelitian besar menunjukkan bahwa vegetarian memiliki peluang 14% lebih rendah terkena kanker dibandingkan dengan karnivora.

Sebuah tim peneliti dari Universitas Oxford menganalisis data dari lebih dari 470.000 warga Inggris dan menemukan bahwa pescatarian ikan memiliki risiko 10% lebih rendah. Studi ini menemukan bahwa dibandingkan dengan orang yang makan daging secara teratur – yang didefinisikan lebih dari lima kali seminggu – mereka yang mengonsumsi dalam jumlah yang lebih kecil memiliki risiko 2% lebih rendah terkena kanker.

Analisis menemukan bahwa “dalam kelompok besar Inggris ini, makan lebih sedikit daging, makan ikan atau vegetarian dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari semua situs kanker dibandingkan dengan makan daging biasa.”

Namun, para penulis, yang dipimpin oleh Cody Watling dari Unit Epidemiologi Kanker Kesehatan Populasi di Oxford, menjelaskan bahwa temuan mereka tidak secara meyakinkan membuktikan bahwa makan daging secara teratur meningkatkan risiko kanker. Mereka mengatakan merokok dan lemak tubuh juga bisa membantu menjelaskan perbedaannya.

Studi mereka terhadap peserta dalam studi Biobank Inggris juga menemukan bahwa:

  • Pemakan daging rendah – mereka yang mengonsumsi daging lima kali atau lebih sedikit dalam seminggu – memiliki risiko 9% lebih rendah terkena kanker usus daripada pemakan daging biasa.

  • Wanita vegetarian 18% lebih kecil kemungkinannya dibandingkan mereka yang makan daging secara teratur untuk mengembangkan kanker payudara pascamenopause, meskipun ini mungkin karena BMI mereka yang lebih rendah.

  • Risiko kanker prostat berkurang pada pria vegetarian sebesar 31%, sedangkan risiko kanker prostat berkurang 20% ​​pada pria.

“Hasilnya…menunjukkan perilaku diet tertentu seperti lebih sedikit daging. [and] Pola makan vegetarian atau vegan dapat berdampak pada pengurangan risiko beberapa jenis kanker; Dalam hal ini usus, payudara, dan prostat,” kata Dr. Jyota Mitro, direktur riset dan inovasi dunia. kanker Research Fund International (WCRF), yang mendanai penelitian ini bersama Cancer Research UK.

READ  Gambar menakjubkan dari atmosfer Jupiter yang diambil oleh pesawat ruang angkasa NASA Juno mengungkapkan kabut di ketinggian

Dia menambahkan bahwa temuan tersebut mengkonfirmasi saran lama WCRF bahwa orang harus membatasi asupan daging merah dan olahan dan makan lebih banyak biji-bijian, sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Penulis studi Oxford mengatakan: ‘Risiko terkena kanker kolorektal lebih rendah’ [bowel] Kanker pada pemakan daging rendah konsisten dengan bukti sebelumnya tentang efek berbahaya dari makan daging. Risiko lebih rendah dari wanita vegan yang terkena kanker payudara pascamenopause kemungkinan besar “sebagian besar” dijelaskan oleh BMI mereka yang lebih rendah.

“Tidak jelas apakah perbedaan lain yang diamati untuk semua jenis kanker dan kanker prostat mencerminkan hubungan sebab akibat atau apakah mereka disebabkan oleh faktor lain.”

Sementara para peneliti menemukan bahwa “dimakan rendah daging, vegetarian, atau vegan dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari semua jenis kanker,” mereka menambahkan bahwa ini “mungkin merupakan hasil dari faktor makanan dan/atau perbedaan gaya hidup non-makanan. , seperti merokok.” Hasil mereka diterbitkan Kamis di jurnal BMC Medicine.

Richard McElwain, CEO dari Vegetarian Society, mengatakan: “Studi ini menambah semakin banyak penelitian yang mempromosikan efek positif dan perlindungan dari diet vegetarian.

Dengan kanker sekarang mempengaruhi satu dari dua dari kita di seluruh negeri, diet vegetarian yang sehat dapat memainkan peran yang jelas dalam mencegah penyakit ini. Faktanya, bukti dari penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pola makan nabati yang seimbang juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, serta kanker.

Watling dan rekan sedang melakukan penelitian lebih lanjut di antara vegetarian, pescatarian, dan vegan untuk mempelajari hubungan antara diet dan risiko kanker lebih dekat.

Antara 5% dan 7% orang Inggris diyakini vegetarian dan 2-3% mengikuti diet vegetarian, menurut Jajak pendapat oleh YouGov.

READ  Moderna Cancer Shot dan Merc mRNA Mengurangi Kekambuhan atau Kematian pada Melanoma (NYSE:MRK)

Dr Julie Sharpe, Kepala Kesehatan dan Informasi Pasien di Cancer Research UK, mengatakan bahwa sementara membatasi asupan daging olahan telah terbukti menurunkan risiko kanker usus, “makan bacon atau babi sesekali.” Itu tidak akan terlalu menyakitkan. ,” menambahkan, “Jika Anda sering makan banyak daging, mengurangi adalah ide yang bagus, tetapi pola makan vegan tidak selalu berarti seseorang makan dengan sehat.”