BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebuah planet langka telah ditemukan dua kali ukuran Bumi yang dapat sepenuhnya tertutup oleh lautan

Sebuah planet langka telah ditemukan ratusan tahun cahaya jauhnya, dan itu bisa menjadi kunci pemahaman kita tentang formasi planet di luar sana di alam semesta.

Lebih dari 5.300 exoplanet telah ditemukan, tetapi hanya sedikit yang cocok dengan deskripsi TOI-733b yang baru direkam.

Ditemukan 245 tahun cahaya, TOI-733b hampir dua kali ukuran Bumi dan mengorbit matahari sedikit lebih kecil dari matahari kita.

Meskipun ada banyak exoplanet, ada sejumlah kecil yang terletak antara satu dan dua kali radius Bumi dan ukurannya membuat mereka menarik bagi para ilmuwan.

berlangganan Ke buletin mingguan gratis baru kami dari Indy100

Penelitian tersebut dilakukan oleh tim astronom yang dipimpin oleh Iskra Georgieva dari Chalmers University of Technology di Swedia. Itu diterima untuk publikasi di Astronomi dan astrofisika.

Tim memusatkan perhatian pada TOI-733b setelah data dikumpulkan di planet ini oleh teleskop TESS NASA.

iStock

Kepadatan sebuah planet menunjukkan dua hal – apakah itu benar-benar tertutup air, atau benar-benar kehilangan atmosfernya.

Bukti menunjukkan gagasan bahwa atmosfer TOI-733b perlahan menipis. Ini karena kedekatan planet dengan bintangnya, yang mengorbit hanya dalam 4,9 hari. Jika atmosfernya habis terbakar, artinya ia bisa segera berubah menjadi planet berbatu.

Kemungkinan lain adalah bahwa planet tersebut telah kehilangan hidrogen dan helium, sambil mempertahankan atmosfer yang penuh dengan uap air.

“Jawaban atas pertanyaan apakah TOI-733b memiliki atmosfer sekunder atau planet samudra bermuara pada perbedaan antara planet mirip Neptunus yang telah kehilangan 10 persen H/He untuk meninggalkan atmosfer uap volatil yang lebih berat, dan salah satu yang terbentuk dan tetap relatif tidak berubah “sepanjang perkembangannya.”

“Meskipun berada di luar cakupan makalah ini, menemukan jawaban atas pertanyaan ini akan memiliki implikasi luas bagi pemahaman kita tentang planet ekstrasurya.”

READ  “Sekali dalam Sejuta Tahun” - Para ilmuwan menemukan fosil aneh dinosaurus berparuh bebek di Maroko

Tim melanjutkan untuk menulis: “Dengan segala pertimbangan, TOI-733 b tampaknya menjadi planet yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi bagian kecil namun penting untuk memecahkan misteri ilmu planet ekstrasurya yang lebih besar.

“Dengan analisis teoretis mendalam yang terus meningkat dan janji tindak lanjut beresolusi tinggi oleh fasilitas saat ini dan yang akan datang, kami tampaknya berada di jalur yang benar untuk menemukan jawaban atas pertanyaan kunci terkait pembentukan dan evolusi planet.”

Bagikan pendapat Anda dalam berita demokrasi kami. Klik icon vote di bagian atas halaman untuk membantu menaikkan artikel ini melalui ranking indy100.