BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Segera hadir: peringatan pemerintah jika terjadi serangan dunia maya terhadap perusahaan | Teknik

Perusahaan yang berisiko terkena serangan hacker mulai hari ini akan diperingatkan oleh pemerintah. Musim gugur ini, sekelompok perusahaan terpilih juga akan secara otomatis diperingatkan jika serangan yang ditargetkan dilakukan terhadap mereka.




Langkah tersebut diambil pemerintah karena telah menemukan celah besar dalam undang-undang tersebut. Perusahaan-perusahaan penting seperti pemasok makanan atau universitas tidak dapat secara otomatis diperingatkan jika mereka diserang. Di Albert Heijn, misalnya, ini mengakibatkan rak kosong keju, dan sistem web Universitas Maastricht sebelumnya disandera untuk jangka waktu yang lebih lama. Layanan digital pemerintah sekarang hanya diizinkan untuk memperingatkan bisnis di “infrastruktur kritis”, seperti pasokan air minum, lembaga keuangan, atau perusahaan listrik.


Pemerintah percaya ini adalah celah dalam undang-undang sejak 2016, yang sekarang ingin dilakukan sesuatu. Misalnya, Menteri Fred Graberhaus (Departemen Kehakiman) mencatat bahwa dia “sedikit terkejut” ketika sebuah peringatan ternyata tidak mungkin. Menurut dia, kerugian akibat kejahatan dunia maya mencapai enam ribu miliar dolar per tahun. “Penjahat dunia maya adalah penjahat terorganisir yang beroperasi pada tingkat yang sama dengan Rusia, China, dan Iran.”

Mulai hari ini, layanan khusus dari Kementerian Perekonomian dan Iklim (EZK) akan “secara proaktif menginformasikan perusahaan”, misalnya jika ada kerentanan dalam pertahanan siber mereka.

Setiap tahun, satu dari lima perusahaan terkena serangan cyber. Ini terlalu banyak dan terkadang memiliki konsekuensi yang mengerikan bagi masyarakat kita. Menteri Luar Negeri Mona Keizer (Urusan Ekonomi) mengatakan bahwa hanya membuat Belanda lebih sadar dan membuat perusahaan jelas tanggung jawab mereka sendiri untuk mengambil tindakan tidak cukup.

READ  dimana mereka sekarang? Sebelas pertandingan pertama Jong PSV dimulai

secara otomatis

Namun, serangan yang benar-benar ditargetkan pada perusahaan tertentu belum akan berlalu secara otomatis. Saat ini hanya terjadi di “sektor kritis”, seperti bank dan fasilitas air minum. Kabinet ingin memperluas ini secara hukum, tetapi pengadilan akan diadakan terlebih dahulu dengan empat puluh perusahaan. Ini akan dimulai pada musim gugur. Perbedaannya adalah bahwa perusahaan harus mengirimkan informasi spesifik, seperti alamat IP dan nama domain.