BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Semakin banyak pengusaha yang gulung tikar | Saat ini

Jumlah wirausahawan pemula di bulan Maret jauh lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Kamar Dagang melaporkan pada hari Senin bahwa ini mewakili penurunan 8 persen. Di sisi lain, jumlah pengusaha yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) meningkat bulan lalu. Jumlah orang yang berhenti merokok meningkat sebesar 8 persen.

Karena jumlah pengusaha pemula bulan lalu masih jauh lebih besar dari jumlah putus sekolah, jumlah perusahaan di Belanda bertambah. Pada awal April, ada lebih dari 2,2 juta. Jumlah tersebut meningkat 6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut Joris Knoben, Profesor Ekonomi Bisnis di Radboud University, angka tersebut menunjukkan bahwa sektor bisnis telah mencapai titik kritis sekarang karena tidak ada lagi dukungan untuk Corona. “Banyak pengusaha masih bergulat dengan konsekuensi finansial dari pandemi. Pada saat yang sama, biaya energi dan inflasi meroket. Jadi tidak mengherankan jika jumlah pencari kerja dan kebangkrutan meningkat.”

Keamanan swasta adalah sektor yang populer di bulan Maret dengan jumlah startup hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Di sektor ritel, jumlah startup turun 44 persen dibandingkan tahun lalu. Ini terutama menunjukkan hilangnya pertumbuhan cepat dari waktu korona. Secara umum, jumlah pengusaha di sektor ini hampir sama.

READ  'Layanan keamanan tidak membantu penyusup Belanda'