BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seorang penjahat Perancis terkenal yang melarikan diri dari penjara dengan helikopter dijatuhi hukuman empat belas tahun penjara

Seorang penjahat Perancis terkenal yang melarikan diri dari penjara dengan helikopter dijatuhi hukuman empat belas tahun penjara

Radwan Fayed berbicara tentang gambar di pengadilan.Foto oleh Agence France-Presse

Fayed, seorang pencuri yang memiliki hubungan dengan kejahatan terorganisir, sedang menjalani hukuman penjara 25 tahun karena perampokan bersenjata dan pembunuhan seorang petugas polisi pada saat dia melarikan diri. Menteri Kehakiman Nicole Belloube mengatakan pada saat itu bahwa pelarian tersebut mungkin telah direncanakan sejak lama.

Untuk mengalihkan perhatian staf penjara, beberapa pria bersenjata muncul di pintu masuk penjara untuk menuntut pembebasan penjahat tersebut. Pada saat yang sama, sebuah helikopter mendarat di halaman penjara.

Saudara laki-laki Fayed, Rashid, yang menyandera seorang pilot helikopter untuk membantunya melarikan diri, dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena perannya dalam pelarian tersebut. Radwan divonis 22 tahun penjara dan Rashid 18 tahun penjara.

Kejar-kejaran dengan ribuan petugas

Tiga bulan setelah keluar penjara dengan helikopter, Fayed ditangkap lagi. Setelah terjadi kejar-kejaran yang melibatkan ribuan petugas, ia ditangkap di sebuah apartemen di Creel, utara Paris.

Fayed juga melarikan diri dari penjara pada tahun 2013, saat itu dekat Lille. Dia menyandera empat penjaga penjara dan meledakkan beberapa pintu menggunakan bahan peledak selundupan. Kemudian dia meninggalkan penjara dengan seragam penjaranya. Dia kemudian lepas dari tangan polisi selama satu setengah bulan sebelum dia ditangkap di sebuah hotel di Paris.

READ  Apakah Anda sengaja berbenturan dengan Brussel untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan? 'Dendanya minimal'