BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seperti apa bentuk planet mirip Bumi di Alpha Centauri?

Perbesar / Kesan artis tentang planet mirip Bumi di sistem bintang terdekat.

Kita sekarang tahu bahwa tetangga terdekat kita, Proxima Centauri, adalah Ini menampung setidaknya dua planet. Tapi kami tidak yakin apakah ada planet di dekat Alpha Centauri, sistem biner di luar itu. Namun, jika mereka ada di sana, kita sekarang tahu seperti apa rupa mereka. pencarian baru Gunakan data pemodelan dan spektroskopi bintang sistem untuk memperkirakan planet berbatu apa yang mungkin terbentuk di zona layak huni sistem.

Untuk memperkirakan susunan planet hipotetis ini – dijuluki -Cen-Earth – tim mengembangkan apa yang mereka sebut model devolatisasi. Untuk memulai, mereka melihat jumlah elemen volatil (hidrogen, karbon, oksigen, dll.) dan elemen non-volatil (seperti besi dan silikon) di matahari dan Bumi, dan memeriksa perbedaannya.

Berbekal data ini, tim kemudian melihat data spektroskopi resolusi tinggi pada elemen di bintang Centauri A dan Centauri B — yang memberi mereka informasi tentang 22 elemen. Dengan model dan data ini, mereka dapat memperkirakan kemungkinan komposisi planet berbatu hipotetis di zona layak huni sistem. “Anda mendapatkan model komposisi kimia dari planet berbatu yang akan berada di zona layak huni,” Charley Lineweaver, salah satu penulis makalah tersebut, mengatakan kepada Ars.

Tunjukkan padaku kamu terbuat dari apa

-Cen-Earth, jika ada, kemungkinan secara geokimia mirip dengan Bumi, dengan mantel yang kemungkinan didominasi oleh silikat. Tapi mungkin mengandung lebih banyak grafit dan berlian, berkat rasio karbon-terhadap-oksigen yang lebih tinggi, menurut Lineweaver.

Kapasitas penyimpanan air planet ini mungkin juga mirip dengan inti Bumi, tetapi juga memiliki aktivitas geologis yang lebih rendah—mungkin sama sekali tidak memiliki lempeng tektonik—dan inti besi yang lebih kecil. “Planet yang dihasilkan akan sangat berbeda dalam hal mineralogi dan kelimpahan batuan versus, katakanlah, metana dan karbida, grafit, dan bahkan mungkin berlian di intinya,” kata Lineweaver.

READ  Penyelidikan Mars NASA menghadapi teka-teki pengambilan sampel

Menurut Lineweaver, model tersebut juga dapat diterapkan pada planet hipotetis lainnya. Dia menambahkan bahwa, secara pribadi, dia menduga bahwa planet berbatu lebih umum di tata surya lain daripada yang telah kita temukan sejauh ini — bukannya tidak ada, hanya saja kemampuan kita untuk mendeteksinya agak terbatas.

Namun, ada kemungkinan bahwa -Cen-Earth – atau planet lain mana pun – mungkin berbeda dari modelnya karena meteorit yang mengandung unsur lain sering bertabrakan dengan planet, yang dapat memengaruhi komposisi kimianya secara keseluruhan. Namun, model tim dapat membantu peneliti masa depan mengidentifikasi planet layak huni, kata Lineweaver.

Jurnal Astrofisika, 2022. DOI: 10.3847 / 1538-4357 / ac4e8c (Tentang DOI)