BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Seribu Api’: Mengekstraksi minyak dengan tangan kosong, ember dan rol di Myanmar

Di antara satu kudeta dan kudeta lainnya, pembuat film Palestina-Inggris Said Taji Farooqi telah pindah ke wilayah Thayit di Myanmar tengah. Sejak itu, perusahaan multinasional telah meninggalkan daerah itu, dan sumur minyak terakhir dikosongkan menggunakan metode primitif: secara manual, menggunakan katrol, buldoser, dan terkadang dengan mesin dua langkah kecil.

Penjajah Inggris pertama kali mulai memompa minyak dalam skala besar ke Myanmar (dan kemudian Burma) pada abad ke-19, tetapi ekstraksi minyak di negara itu mungkin dimulai pada abad ke-13 atau ke-14. Industri minyak bukan hanya kisah ekonomi atau lingkungan, tetapi juga kisah tradisi, kolonialisme, dan politik; Selalu ada hubungan yang kurang lebih formal antara berbagai rezim otoriter dan perusahaan minyak Barat.

Film dokumenter Farooqi mengingatkan kita pada trio Indonesia karena gaya observasinya yang tenang dan keluarga yang melambangkan sebuah negara dalam transisi. Posisi matahari, bulan dan bintang Ditulis oleh Leonard Rettel Helmreich (2001-2010). Farooqi mengikuti pasangan petani Htwi Tin dan Tin Shwe yang berharap untuk masa depan yang lebih baik bagi putra mereka, sementara remaja Zen Ko Aung mungkin tidak secara realistis bermimpi bekerja sebagai pesepakbola profesional. Tetapi Seribu api Di atas segalanya, ini adalah meditasi (fotografer yang menakjubkan) pada dimensi manusia, pekerjaan dan kerajinan. Dalam penyuntingan, film ini juga secara halus membangun hubungan antara gagasan Buddhis tentang aliran dan pengembalian, dan cara ini kembali – tak terhindarkan tetapi juga menjijikkan – dalam gambar ekstraksi minyak. Bisakah satu hanya menjadi metafora untuk yang lain?

Video propaganda rezim, yang disiarkan di antara pertandingan sepak bola yang disukai ayah dan anak untuk ditonton bersama, di antara keheningan mereka, menunjukkan bahwa di Myanmar ada banyak hal yang tidak dikatakan.

READ  Netflix tidak akan menampilkan serial mata-mata di Vietnam karena peta laut yang 'salah'