BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Setelah kematian Doede de Jong, penanam ganja Belanda yang paling terkenal

Setelah kematian Doede de Jong, penanam ganja Belanda yang paling terkenal

(iklan)

(iklan)

Bergmann (VOC)
Baca juga:

(iklan)

Kolom ini seharusnya berisi tentang petualangan saya di Barcelona, ​​​​klub ganja dan pameran ganja Spannabis pertama saya dua tahun setelah Corona. Tapi du meninggal. Penanam ganja paling terkenal di Belanda meninggal karena kanker pada Sabtu malam, 12 Maret, pada usia 72 tahun.

Berani, emosional, dan blak-blakan

Pertama kali saya bertemu Doede de Jong adalah di edisi kedua pengadilan ganja Di Dudok, Den Haag, Mei 2010. Dia ada di sana bersama putranya Jesse, yang pergi ke mikrofon selama debat terakhir dengan anggota parlemen dan memberi tahu bahwa ayahnya adalah seorang penanam ganja.

Anggota VVD Fred Tiffin, yang saat itu masih menjadi Anggota Parlemen, menjawab bahwa ia harus segera berhenti melakukannya. Doede kemudian berjalan ke mikrofon sendirian dan menempatkan Teeven di nomornya di depan aula yang penuh. Dowedy berkata: “Setiap orang adalah makhluk yang mandiri. Siapa Anda untuk memutuskan bagi orang lain apa yang berguna atau tidak cocok untuknya, sementara ini tidak mengganggu Anda? Ini adalah sikap sombong yang bodoh.”

Begitulah Douidi: berani, emosional, dan blak-blakan. Saya mengenalnya di Belanda pada tahun 2011 berkat film dokumenter gulma Belanda oleh Hans Paul dan Mike Kriegsman. Sebuah film indah tentang kemunafikan politik kafe di mana Douidi mencuri perhatian.

Douidi berpikir demikian di Pengadilan Cannabis 2010…

Dowdy pertama kali menanam ganja pada tahun 1984: 300 lilac di kebun

Dia secara alami menjadi lebih terlibat dengan VOC. Setiap bulan ia berkendara dari Appelscha ke pertemuan VOC, meskipun itu terjadi di ujung selatan. Tidak ada yang banyak bicara Hari Pembebasan Ganja seperti rusa betina. Dan tanaman besar dan indah yang selalu kita miliki di panggung utama? Doede mengambil dari Appelscha. Saya diizinkan untuk membawa tanaman platform untuk mekar di halaman belakang saya. Selama bertahun-tahun, dia telah mengesankan teman dan kenalannya dengan menunjukkan bahwa tanaman ini berasal dari Doede.

READ  Ratu Mathilde merayakan ulang tahunnya yang kelima puluh dengan wawancara jujur

Douidi adalah penanam ganja paling terkenal di Belanda. Jauh sebelum film dokumenter Nederwiet, ia memainkan kartu terbuka, serta untuk jurnalis. Sudah pada tahun 1992 di Leeward Courant Sebagai penanam ganja, dia berlutut di tanah tempat tanamannya berdiri sampai polisi menyitanya.

Setahun yang lalu, ia mengajukan gugatan singkat terhadap negara untuk melegalkan budidaya ganja. Dowedy pastilah salah satu penanam pertama ganja Friesian: sekitar tahun 1984 ia mulai menanamnya di luar ruangan. ungu, segera sekitar 300 tanaman tersebar di seluruh situs di sekitar pertaniannya di tepi Appelscha. Ketika Dowedy pindah ke pertanian itu pada tahun 1970, itu setengah reruntuhan, tanpa air mengalir, gas, atau lampu. Juga tidak ada jendela di jalan dan pintunya rusak, sehingga sapi-sapi melewatinya. Dua tahun kemudian, pacarnya Kiki pindah; Mereka bersama sampai kematian Douidi.

Tempat yang indah di Friesland dimana Dodi dan keluarganya tinggal dan dimana rumput liar tumbuh subur…

hijau cantik

Peternakan Doede dan Kicky adalah surga, salah satu tempat terindah yang saya tahu. Semuanya dibudidayakan sendiri, jalan masuk yang panjang adalah terowongan hijau yang indah di musim semi dan musim panas. Tentu saja saya suka mengunjungi rumah kaca Doede yang dibangun sendiri di belakang rumah, tetapi di mana pun saya melihatnya, itu indah dan pemandangannya luas dan indah.

Pada tahun 2013 kami diizinkan untuk mengatur pesta kru untuk sukarelawan Hari Pembebasan Ganja di Doede dan Kicky dan semua orang diizinkan untuk berkemah di surga Frisian ini. Akhir pekan yang tak terlupakan. Salah satu pujian terindah yang saya terima tentang Hari Pembebasan Ganja datang dari Douidi. Pergi ke legendaris pada tahun 1970 Festival Pop Belanda Apakah ke Kralingen, Belanda batang kayuDia mengatakan suasana Hari Pembebasan Ganja mengingatkannya akan hal itu.

READ  Perayaan nasional peringatan 75 tahun pembebasan bekas Hindia Belanda

Bertahun-tahun berjuang dengan pemerintah untuk hak menanam ganja Anda sendiri

Doidi adalah seorang hippie, tetapi dia juga seorang pejuang. Bekerja sebagai guru selama bertahun-tahun pencak silatpencak silat Indonesia. Dia juga seorang petani ganja organik dan seorang pria dalam keluarga; Ketiga anaknya dibesarkan oleh seorang ibu yang bekerja di luar rumah dan seorang ayah yang bekerja di rumah.

Dodd berjuang keras melawan pemerintah. Selama bertahun-tahun, dia dan Kiki telah mengalami lebih dari selusin penggerebekan polisi. Jaksa mengadili Douidi dengan tegas, dengan tuntutan penyitaan lebih dari setengah juta euro sebagai titik terendah. Selama bertahun-tahun, klaim itu, dan dengan itu ancaman penjualan paksa pertanian mereka, menggantung di atas kepala mereka seperti pedang Damocles. Pada saat itu, Dowdy mengatakan kepada saya bagaimana setiap kali dia berjalan menyusuri jalan masuk rumahnya untuk mengosongkan kotak surat, dia takut akan hari kiamat lagi dari hukum.

Puluhan tahun yang lalu, Dowedy membuat koran di Friesland dengan rami (kubis) …

Hak untuk menentukan nasib sendiri adalah inti dari Doede

Jelas bagi Douidi mengapa keadilan ingin menghancurkannya. Dia memecahkan gambaran, kerangka kerja yang dirancang dengan cermat bahwa semua penanam gulma adalah penjahat yang kejam, dan bahwa yang disebut penanam ideal tidak ada lagi.

Terlihat jelas dari buku “Industri Ganja” karya Nicole Mallasti dan Michelle Banhuisen bahwa Dodi sudah dipandang sebagai musuh. Mereka menggambarkan bagaimana peneliti polisi Edgar van der Toure memperingatkan pada konferensi polisi pada tahun 2013 bahwa “juru bicara industri ganja yang tampil baik di media adalah bahaya citra.” Dia mengutip dua contoh: pengusaha Maastricht Café Mark Guzmans dan Dowedy.

Tentu saja, Dowedy bukan juru bicara industri ganja, dia adalah seorang aktivis penentuan nasib sendiri.

Terus menganjurkan “model bir dan anggur”

Ketika pendiri VOC Joep Oommen meninggal secara tak terduga pada 18 Maret 2016, Douidi menggantikannya sebagai ketua rapat. Sejak itu, ia memimpin hampir semua rapat bulanan VOC. Dia melakukannya dengan humor yang baik, kesabaran dan rasa hormat untuk semua orang di sekitar meja.

READ  Jernee Kagman Dihormati dengan Lifetime Achievement Award | Menampilkan

Kami dapat dengan cermat mengikuti perjuangan besarnya melawan keadilan dan mendukung Doede sebaik mungkin. Setelah bertahun-tahun stres dan ketidakpastian, dia akhirnya dihukum tanpa hukuman. Gugatan penyitaan yang keras dan aneh pindah ke tempat sampah pada musim panas 2018 setelah gugatan terpisah. Akhirnya, Douidi dan Kiki beristirahat.

Foto yang diketahui dari petani rami organik Doede de Jong, dari film dokumenter Nederwiet …

Doede terus menulis surat kepada Leeuwarder Courant, yang diterbitkan secara teratur, dan terus mengabdikan dirinya kepada VOC dan terus menganjurkan “model bir-anggur”. Anda dapat menanam ganja untuk penggunaan Anda sendiri dan untuk dibagikan, dan hanya jika Anda ingin menjualnya, Anda harus pergi ke Kamar Dagang, membayar pajak, dan mengikuti aturan. Sama seperti bir dan anggur.

kuasai pikiranmu

Pada akhir tahun 2021, kanker yang seolah mengalahkannya kembali muncul. Dowedy memulai pertarungan terakhirnya. Senjatanya adalah ganja, dia mengambil minyak rami dalam jumlah besar, berharap keajaiban.

Pada pertengahan Februari, pemindaian menunjukkan bahwa kanker telah menyebar. Kondisi Doede dengan cepat memburuk dan dia meninggal dalam tidurnya pada Sabtu malam, 12 Maret, sekitar pukul 07:30. di atas obituari di Volkskrant Di antara slogannya: kuasai pikiranmukan

Terserah kita untuk melanjutkan perjuangannya sampai ganja menjadi legal. Dia pantas mengalami momen itu untuk dirinya sendiri. Merupakan suatu kehormatan untuk bertarung bersama raksasa Frisia yang begitu lembut.

Doede bersama istrinya di atas panggung untuk Hari Pembebasan Ganja 2014, di mana ia dianugerahi Koos Zwart …

(iklan)