BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Setidaknya 14 orang tewas dalam kecelakaan helikopter di dekat Kyiv, termasuk seorang menteri Ukraina: ‘tragedi yang mengerikan’

foto ANP/AFP

Di Brovary, sebuah helikopter jatuh di dekat taman kanak-kanak dan sebuah apartemen. Salah satu orang pertama yang melaporkan Telegram adalah Kirillo Tymoshenko, wakil kepala administrasi kepresidenan. Gambar di media sosial menunjukkan bagaimana penduduk setempat menyaksikan bangunan terbakar. Pihak berwenang mengatakan tim darurat dengan cepat berada di tempat kejadian. “Kami masih mencari informasi tentang korban dan keadaannya,” kata juru bicara kantor berita Reuters.

Oleksey Kuleba, gubernur wilayah Kyiv, melaporkan melalui Telegram bahwa anak-anak dan staf hadir di sekolah ketika helikopter jatuh. Sekarang menulis bahwa semua orang telah dievakuasi. Belum diketahui apa penyebab jatuhnya helikopter tersebut. Tidak ada pertempuran di daerah itu. “Untuk saat ini, kami masih mempertimbangkan semua skenario,” kata Jaksa Andrei Kostin.

Layanan darurat sebelumnya melaporkan setidaknya 18 kematian, tetapi menurunkan jumlah itu pada Rabu sore. Di atas helikopter terdapat politisi Ukraina terkemuka, seperti Menteri Dalam Negeri Denis Monastyrsky (42), wakil pertamanya dan menteri luar negeri. Mereka tidak selamat dari kecelakaan itu. Presiden Volodymyr Zelensky berbicara tentang “tragedi yang mengerikan” dan menugaskan Badan Intelijen Ukraina (SBU) untuk menyelidiki insiden tersebut, bekerja sama dengan Kepolisian Nasional. Di darat, satu anak tewas dan 11 anak lainnya luka-luka. 25 orang terluka, menurut SES. Kecelakaan itu menyebabkan bangunan dua lantai terbakar. TK telah dievakuasi.

Tragedi yang mengerikan

Brovary adalah kota berpenduduk sekitar 100.000 jiwa di sebelah timur ibu kota, Kyiv. Helikopter itu milik layanan darurat pemerintah dan sedang dalam perjalanan, menurut seorang juru bicara, ke garis depan timur. Zelensky berbicara tentang “rasa sakit yang tak tertahankan” dan menyatakan belasungkawa kepada teman dan keluarga para korban. Selama pidato melalui tautan video ke Forum Ekonomi Dunia di Davos, Zelensky mengaitkan keruntuhan itu dengan perang. “Ini bukan kebetulan. Insiden tidak ada di masa perang,” katanya.

Denis Monastyrsky adalah korban tewas terbesar sejak awal invasi Rusia ke Ukraina. Juga tewas di helikopter adalah Wakil Menteri Dalam Negeri Yevgeny Yenin dan Menteri Negara Yuri Lobkovich. Monastyrsky, 42, telah menjadi kepala Kementerian Dalam Negeri sejak Juli 2021.

Pemerintah untuk sementara mengangkat Kepala Polisi Ihor Klimenko sebagai kepala Kementerian Dalam Negeri. Di sana ia memegang gelar Wakil Menteri.

Menteri Dalam Negeri Ukraina Denis Monastyrsky tewas dalam kecelakaan helikopter, menurut polisi Kyiv.  Penerbitan Gambar Masa Depan melalui Getty Image

Menteri Dalam Negeri Ukraina Denis Monastyrsky tewas dalam kecelakaan helikopter, menurut polisi Kyiv.Penerbitan Gambar Masa Depan melalui Getty Image

Di Telegram disarankan bahwa kerusakan mungkin disebabkan oleh kesalahan pilot. Helikopter itu terbang menembus kabut dan mengaku menabrak atap taman kanak-kanak. Pihak berwenang mengatakan penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk menentukan penyebab kecelakaan itu.

Seorang saksi mata mengatakan di Twitter bahwa helikopter membuat tiga lingkaran di atas sebuah supermarket, terbang menuju tengah, tiba-tiba turun, menabrak atap sekolah dan terbakar.

READ  Amerika Serikat akan meninggalkan Afghanistan lebih cepat dari jadwal: 'akhir misi militer'