BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Simpanse suka menunjukkan sesuatu kepada satu sama lain, sama seperti manusia

Simpanse suka menunjukkan sesuatu kepada satu sama lain, sama seperti manusia

PNAS

Berita NOS

Simpanse menunjukkan sesuatu kepada rekan-rekannya untuk menarik perhatian mereka, tanpa tujuan lain. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh ahli primata di sebuah hutan di Uganda. Ini adalah pertama kalinya perilaku manusia diamati pada monyet. Riset dipublikasikan di Jurnal Ilmiah PNAS.

Sebuah klip video memperlihatkan seekor simpanse muda menunjukkan kepada ibunya sehelai daun dari pohon. Jika dia tidak langsung melihat, dia mendorong kertas (mungkin dengan kutu di atasnya) di bawah hidung ibunya untuk menarik perhatiannya. Seolah berkata, “Lihat!”

Ketika dia yakin ibunya sedang menonton, dia terus mengendus kertas itu. Para peneliti memfilmkan 84 kasus serupa.

Ahli biologi perilaku: “Orang sering menganggap perilaku mereka unik, tetapi hewan sering bertindak dengan cara yang sama.”

Ini adalah pertama kalinya para peneliti melihat perilaku sosial ini pada monyet. Sampai saat ini, mereka hanya diketahui menunjuk secara khusus pada objek untuk menyelesaikan sesuatu, misalnya dari pengasuhnya. Kemudian sinyal atau tampilan tersebut memiliki tujuan yang nyata. Terkadang monyet mengikuti pandangan monyet lain untuk melihat apa yang dia lihat.

Rekaman itu diambil di Taman Nasional Kibale di Uganda barat, tempat tinggal beberapa kelompok simpanse. Hutan adalah rumah bagi jumlah primata terbesar di dunia.

READ  MSX Pioneer dan Pendiri PC-Active Wammes Witkop Dies - Komputer - .Geeks