BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

South Torres 2021: Puncak hujan meteor Kamis malam

Puncak hujan meteor pada akhir jam 4 November hingga fajar 5 November, Menurut EarthSky. Puncak yang tepat untuk mandi adalah pukul 01:00 ET, atau 05:00 GMT, EarthSky berkata.
Taurid kadang-kadang dikenal karena bola apinya, atau meteoritnya sering lebih dari 3,3 kaki (1 m) melintasi kilau yang sangat cemerlang ini, Menurut NASA.
Taurid Selatan berasal dari Komet 2P/Encke, Menurut EarthSkyPemirsa dapat berharap untuk melihat sekitar lima meteor per jam.

Robert Lunsford, seorang konsultan dari American Meteorological Society, mengatakan meteorit akan terlihat di hampir setiap bagian dunia kecuali di Antartika karena siang hari yang panjang pada saat ini tahun.

Pemirsa tidak perlu khawatir cahaya bulan menghalangi pandangan mereka karena ada bulan baru pada Kamis malam, menurut kalender petani kuno.
Sepanjang siklus bulan, sebagian bulan diterangi oleh matahari. Saat bulan baru, setengah dari matahari terbit mengarah menjauh dari Bumi, yang berarti langit akan lebih gelap dari biasanya, Menurut NASA.
BumiLangit Kami berbagi beberapa tips tentang cara melihat hujan meteor.

Untuk kondisi tampilan terbaik, pergilah ke area dengan sedikit atau tanpa cahaya buatan di mana area langit yang luas dapat terlihat. Kesabaran adalah nama permainan ketika datang untuk melihat hujan meteor, jadi ambil kursi dan selimut dan merasa nyaman.

Ada lebih banyak hujan meteor yang bisa Anda tangkap selama sisa tahun 2021, menurut Panduan hujan meteor 2021 dari EarthSky:

11-12 November: Utara Torres

17 November: Leonid

13-14 Desember: Gemini

22 Desember: Ursid

Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Tahun ini, akan ada lagi gerhana matahari dan gerhana bulan lagi, menurut kalender petani kuno.

Gerhana bulan parsial akan terjadi pada 19 November, dan pengamat langit di Amerika Utara dan Hawaii dapat melihatnya antara pukul 1 pagi ET dan 7:06 pagi ET.

READ  Apa itu bulan biru dan kapan berikutnya?

Bulan terakhir tahun ini akan dimulai dengan gerhana matahari total pada 4 Desember. Itu tidak akan terlihat di Amerika Utara, tetapi mereka yang berada di Kepulauan Falkland, ujung selatan Afrika, Antartika, dan Australia tenggara akan dapat mendeteksinya.

Planet yang terlihat

Pengamat langit akan memiliki banyak peluang untuk melihat planet di langit kita selama pagi dan sore hari yang ditentukan sepanjang tahun 2021, menurut Kalender petani panduan planet.

Sebagian besar dari mereka dapat dilihat dengan mata telanjang, kecuali Neptunus yang jauh, tetapi teropong atau teleskop akan memberikan tampilan terbaik.

Merkurius akan bersinar di langit malam dari 29 November hingga 31 Desember.

Venus, tetangga terdekat kita di Tata Surya, akan muncul di langit barat saat senja di malam hari hingga 31 Desember. Ini adalah objek paling terang kedua di langit kita, setelah bulan.

Mars akan tampak kemerahan di langit pagi antara 24 November dan 31 Desember.

Jupiter, planet terbesar di tata surya kita, adalah – jika terlihat – objek paling terang ketiga di langit kita. Carilah di malam hari hingga 31 Desember.

Hanya cincin Saturnus yang dapat dilihat melalui teleskop, tetapi planet itu sendiri masih dapat dilihat dengan mata telanjang di malam hari hingga 31 Desember.

Teropong atau teleskop akan membantu Anda mendeteksi cahaya kehijauan Uranus di malam hari dari tanggal 4 November hingga 31 Desember. Dia akan berada dalam kondisi terbaiknya hingga 31 Desember.

Dan tetangga terjauh kita di tata surya, Neptunus, akan terlihat melalui teleskop pada malam hari hingga 31 Desember. Dia akan berada dalam kondisi terbaiknya hingga 8 November.