BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

SpaceX Crew Dragon bersiap untuk upaya peluncuran kedua – Spaceflight Now

SpaceX Crew Dragon bersiap untuk upaya peluncuran kedua – Spaceflight Now

Cerita ditulis untuk Berita CBS & digunakan dengan izin

Roket Falcon 9 SpaceX berdiri di pad 39A menunggu lepas landas pada misi Crew-6. Kredit: NASA/Joel Koski

Tertunda selama tiga hari karena kesalahan teknis di menit-menit terakhir, empat awak stasiun ruang angkasa, termasuk seorang kosmonot Rusia dan orang Arab pertama yang ditugaskan untuk penerbangan luar angkasa berdurasi panjang, bersiap untuk peluncuran kedua Kamis pagi di atas SpaceX Falcon. 9 rudal.

Komandan Kru 6 Stephen Bowen dan Pilot Warren “Woody” Hoburg, bersama dengan astronot Andrei Fedyaev dan pilot UEA Sultan Al Neyadi, berencana untuk lepas landas di Pad 39A yang bersejarah di Kennedy Space Center pada pukul 10 malam EDT pada hari Rabu.

Hitungan mundur diatur waktunya untuk mencapai nol pada pukul 12:34 Kamis. Cuaca yang sempurna diramalkan di lokasi peluncuran, tetapi ahli meteorologi mengawasi dengan cermat angin dan ombak di Samudra Atlantik di sepanjang jalur penerbangan awak di lepas East Cast di mana pesawat ruang angkasa dapat dipaksa untuk dibatalkan.

Namun jika semuanya berjalan lancar, Crew Dragon akan meluncur ke orbit sembilan menit setelah lepas landas. Dari sana, Bowen dan Hoburg berencana untuk mengamati pertemuan robotik selama 24 jam, mendekati stasiun dari belakang dan bawah sebelum pindah ke dermaga di pelabuhan modul maju Harmony yang menghadap ke luar angkasa pada pukul 1:17 pagi hari Jumat.

Para kru berharap untuk meluncurkan Senin pagi. Tetapi dua setengah menit sebelum peluncuran, SpaceX menghentikan hitungan mundur karena masalah yang mengonfirmasi bahwa mesin tahap pertama Falcon 9 mendapatkan jumlah cairan pengapian yang tepat yang dikenal sebagai TEA-TEB. Insinyur menemukan dan mengganti filter yang tersumbat, dan peluncuran dijadwalkan ulang pada hari Kamis.

Bowen dan rekan-rekannya akan disambut di stasiun luar angkasa oleh Komandan Kru 5 Nicole Mann dan Josh Kasada, astronot Jepang Koichi Wakata, dan kosmonot Anna Kikina, orang Rusia pertama yang diluncurkan dengan Crew Dragon.

READ  Georgetown mengatakan dua sampel mendeteksi norovirus di komunitas kampus, dan hampir 100. menunjukkan gejala

Kami juga menyambut penerbang Crew-6: Sergey Prokopyev, Dmitry Petlin, dan astronot NASA Frank Rubio. Mereka berangkat ke lab September lalu dan awalnya berencana pulang pada Maret.

Tapi kapal feri mereka Soyuz MS-22 lumpuh pada 14 Desember ketika sebuah meteorit mikroskopis merobek garis radiator. Mereka sekarang akan mengendarai Soyuz pengganti kembali ke Bumi. Tetapi untuk mendapatkan jadwal rotasi kru kembali ke jalurnya, ketiganya harus menghabiskan enam bulan tambahan di luar angkasa, kembali ke rumah pada musim gugur mendatang setelah satu tahun penuh di orbit.

Sebaliknya, misi SpaceX Crew-5 dan Crew-6 berjalan sesuai rencana semula dengan Bowen dan kawan-kawan menggantikan Mann, Cassada, Wakata, dan Kikina, yang diluncurkan ke stasiun luar angkasa Oktober lalu.

Setelah memberi pengarahan kepada pengganti mereka tentang seluk-beluk operasi stasiun, Mann dan tim Crew-5-nya akan melepaskan diri dan kembali ke Bumi sekitar 9 Maret untuk menyelesaikan misi 154 hari. Kru Bowen berencana untuk tetap terjaga hingga jangka waktu akhir Agustus.