BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

SpaceX menyiapkan booster Falcon 9 keempat untuk peluncuran dan pendaratan kesepuluh [webcast]

untuk memperbaharui: SpaceX telah menunda peluncuran ke-10 Starlink 4-6 dan Falcon 9 B1060 dan mendarat hingga 19:04 EDT, Selasa 18 Januari (00:04 UTC 19 Januari) untuk “kondisi cuaca yang lebih baik untuk lepas landas dan peningkatan pemulihan.”

Empat hari setelah Falcon 9 B1058 menjadi pendorong ketiga SpaceX untuk menyelesaikan sepuluh peluncuran kelas orbital, perusahaan akan mengulangi prestasi itu untuk keempat kalinya.

Diungkapkan secara tidak resmi melalui Air and Naval Safety Alerts pada 12 Januari, SpaceX mengkonfirmasi rencananya untuk meluncurkan Starlink 4-6 — kumpulan lain dari 49 satelit V1.5 yang terhubung dengan laser — selambat-lambatnya (NET) 19:26 EST. Senin, 17 Jan (00:26 UTC 18 Jan) dari Kennedy Space Center Pad 39A. Pelat itu sendiri mendukung peluncuran yang identik (Starlink 4-5) pada 6 Januari, yang membutuhkan perputaran cepat 11 hari untuk peluncuran dua rudal Falcon sepanjang waktu dalam 10 hari.

Sementara peluncuran Starlink lainnya secara teknis “hanya”, misi tersebut akan menandai pertama kalinya penguat Falcon 9 diluncurkan untuk kesepuluh kalinya berturut-turut. Pada 13 Januari, Falcon 9 B1058 membantu mengirimkan 105 satelit kecil berbagi penerbangan ke orbit, menyelesaikan Peluncuran dan pendaratan sukses kesepuluh dalam operasi. Meskipun hanya ada dua dari 10 booster penerbangan lain yang bisa dibandingkan, B1058 melampaui tonggak sejarah lebih dari sepertiga lebih cepat daripada saudara-saudaranya, menembak sepuluh kali dalam 19 bulan atau sekali setiap 59 hari selama masa pakainya.

READ  Perayap Raksasa NASA Bergerak Saat Peluncuran Roket Bulan Raksasa Mendekati
Pendaratan Falcon 9 B1058 yang berhasil, 13 Januari. (SpasiX)

Ketika Falcon 9 B1060 diluncurkan dengan Starlink 4-6 pada 17 Januari 2022, ia akan melakukannya dalam 18 bulan (~81 minggu), mengalahkan rekor lama B1058 (19 bulan atau ~85 minggu) sekitar satu bulan. Meskipun ada beberapa pendorong yang lebih muda dan kurang terbang dalam armada Falcon SpaceX saat ini, tampaknya tidak ada yang berada di jalur yang benar selain sedikit mengalahkan atau menyamai rekor yang dibuat oleh B1058 dan B1060. Berdasarkan catatan transformasi Falcon 9 dua kali SpaceX yang dicapai dua kali dalam 27 hari, hal itu mungkin terjadi Secara teknis Booster itu sendiri dapat menyelesaikan 10 peluncuran hanya dalam 270 hari (~39 minggu), dan karyawan telah menggambarkan perubahan rekor ini sebagai “serbuan gila” — mungkin bukan kecepatan yang berkelanjutan untuk tenaga kerja saat ini, dengan kata lain.

Namun, bahkan jika bukti terus berkembang bahwa frekuensi penguat Falcon Block 5 saat ini tidak mungkin rata-rata lebih dari satu peluncuran setiap 50-60 hari selama masa pakainya, SpaceX secara teoritis masih dapat mencapai ritme peluncuran yang menarik. Misalnya, jika armada sembilan penguat Falcon SpaceX saat ini beroperasi (termasuk satu Konversi Inti Berat Falcon) masing-masing dapat mencapai rata-rata satu peluncuran setiap 60 hari mulai sekarang, dan SpaceX dapat diluncurkan lebih dari sekali seminggu atau kira-kira 54 kali setahun. Jika SpaceX juga mengonversi Falcon Heavy core B1053 menjadi Falcon 9, booster Falcon 9 B1069 yang rusak dapat masuk ke armada, waktu respons rata-rata turun menjadi 50 hari, armada 11 booster ini dapat mendukung hingga 80 peluncuran dalam setahun.

Misi selesai!  Gambar ini diambil oleh pilot Alex Preisser, dan menunjukkan B1052 dan B1053 tak lama setelah beristirahat di area pendaratan SpaceX.
SpaceX memiliki setidaknya enam inti Falcon Heavy baru dan penguat Falcon 9 baru yang hampir siap untuk peluncuran 2022. Perusahaan tidak akan memperlambat produksi, sehingga 5+ lainnya dapat dibangun dan memenuhi syarat sebelum akhir 2022. (Angkatan Udara AS – Alex Presser)
B1053 kemungkinan akan bergabung dengan B1053 dan juga akan menjadi booster Falcon 9. (Richard Engel)

Tiga landasan peluncuran Falcon SpaceX secara teoritis dapat mendukung hingga 90 peluncuran per tahun jika setiap pergeseran individu secepat setiap rekor peluncuran dan tidak diperlukan waktu henti yang diperpanjang. Dengan kata lain, meskipun sejauh mana desain Falcon Block 5 tampaknya jauh dari impian CEO Elon Musk untuk digunakan kembali setiap hari, armada 15 booster Block 5 rata-rata 60 hari per peluncuran dapat mencapai irama tahunan yang akan memaksa SpaceX untuk tingkatkan landasan peluncurannya untuk naik ke level berikutnya.

Dengan Starship di cakrawala, tidak lagi jelas bahwa SpaceX sebenarnya ingin Untuk mendorong Falcon Family Envelope ke titik di mana dibutuhkan putaran lain dari peningkatan mobil atau bantal penting. Kecuali jika Starship mengalami kemunduran besar yang menyebabkan penundaan bertahun-tahun, keluarga Falcon kemungkinan akan mencapai puncaknya pada sekitar 60 peluncuran per tahun (masih sangat mengesankan) sebelum kemungkinan pensiun.

Tonton sekitar pukul 19:10 EDT (00:10 UTC) untuk menyaksikan peluncuran Falcon 9 B1060 ke-10 dan mencoba mendarat secara langsung.

SpaceX menyiapkan booster Falcon 9 keempat untuk peluncuran dan pendaratan kesepuluh [webcast]