BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Spesies langka bunga lentera peri ditemukan di hutan Jepang

komentar

Jika Anda belum pernah mendengar tentang tumbuhan halus yang dikenal sebagai lampion peri, Anda tidak sendiri: Mereka sangat langka sehingga banyak spesies dianggap punah. Namun berita bahwa para peneliti Jepang telah menemukan kembali spesies yang diperkirakan telah hilang selamanya dapat memicu minat baru pada tanaman kecil berwarna-warni yang tampak menyala dari dalam.

menulis Dalam jurnal Phytotaxa, para peneliti melaporkan bagaimana mereka menemukan bukti untuk hal tersebut Thismia kobensisspesies tumbuhan peri-lentera yang pertama kali ditemukan di Kobe, Jepang, dan masih ada.

Salah satu spesimen dari pabrik kecil itu terlihat di kota pada tahun 1992, tetapi setelah situs tersebut dihancurkan untuk dijadikan kompleks industri pada tahun 1999, pabrik tersebut diyakini telah mati.

Tetapi pada Juni 2021, seorang ahli botani menemukan lentera peri di jalur alam di hutan di utara fasilitas industri, tulis para peneliti. Pencarian menghasilkan tiga sampel — cukup bagi para peneliti untuk menganalisis bunga mereka, mengumpulkan DNA dari bagian tanaman yang kering, dan mendeskripsikan spesies dengan lebih akurat.

Bunga berbulu memiliki bagian bawah yang bening dan mengkilap serta tabung kuning-oranye berisi benang sari. Seperti yang lain, ia memperoleh energinya bukan dari matahari tetapi dari bahan organik yang membusuk di tanah. Organisme yang dikenal sebagai tanaman saprofit ini biasanya ditemukan di daerah tropis.

Para peneliti percaya bahwa kesamaan antara bunga Kobe dan bunga yang terlihat di padang rumput dekat Chicago lebih dari 100 tahun yang lalu mungkin menunjukkan bahwa keduanya saling berkaitan. Mereka berspekulasi bahwa migrasi melintasi jembatan darat antara Asia dan Amerika Utara dapat menjelaskan hubungannya.

READ  Para ilmuwan telah menemukan suhu ideal untuk semua kehidupan di Bumi

Penemuan ini merupakan kemenangan bagi para ahli botani, tetapi para peneliti memperingatkan bahwa tanaman tersebut tetap terancam punah dan terancam oleh lalu lintas pejalan kaki di sepanjang jalur alami.

Sementara itu, berburu Thismia americana, lentera peri yang terakhir terlihat di Chicago tahun 1916, masih menyala. Beberapa ahli botani “yakin bahwa mereka masih di luar sana, berkembang secara penyamaran di alam liar yang tersisa,” Menurut Chicago Field Museum. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang tanaman yang sulit dipahami, kunjungi bit.ly/Thismia.