BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Studi tersebut menunjukkan bahwa lapisan terdalam Bumi adalah bola besi selebar 400 mil

Studi tersebut menunjukkan bahwa lapisan terdalam Bumi adalah bola besi selebar 400 mil

(CNN) Para ilmuwan telah lama bertanya-tanya apa yang ada di pusat Bumi, dan penelitian terbaru mendukung teori bahwa planet kita mengandung bola besi yang berbeda di dalam inti logamnya.

Di bawah kerak luar, mantel f inti luar cairan cair Itu terletak di pusat logam padat Bumi – yang sebenarnya memiliki lapisan tersembunyi, atau “inti dalam yang lebih dalam”, menurut prinsip baru. Stadi.

Penemuan besar menunjukkan bahwa Bumi memiliki lima lapisan utama, bukan empat, dan memberikan detail baru yang dapat digunakan para ilmuwan untuk membantu membuka beberapa misteri tertua tentang planet kita dan bagaimana ia terbentuk.

Ahli geologi pertama kali menyarankan bahwa inti bumi mungkin mengandung lapisan ekstra yang tidak terlihat sekitar 20 tahun yang lalu, menurut siaran pers. Sekarang, dengan menggunakan kumpulan data baru yang dikumpulkan dengan mengukur gelombang seismik gempa saat melewati pusat Bumi, para peneliti akhirnya menemukan inti terdalam itu, kata studi baru tersebut.

gelombang seismik Mereka adalah getaran yang terjadi di dalam atau di sepanjang permukaan bumi dan melalui lapisan dalamnya sebagai akibat dari gempa bumi, gunung berapi, atau lainnya.

“Dalam penelitian ini, untuk pertama kalinya, kami melaporkan pengamatan gelombang seismik yang berasal dari gempa kuat yang bergerak bolak-balik dari satu sisi dunia ke sisi lainnya hingga lima kali mundur,” kata rekan penulis studi Dr. Thanh Anak Phum. , seorang seismolog dan postdoctoral fellow di School of Geosciences Research di Australian National University di Canberra, melalui email.

Deteksi melalui aktivitas gempa

Pham mengatakan alasan lapisan ini sebelumnya tidak diamati lebih detail karena komposisinya sangat mirip dengan apa yang ada di atasnya. Kedua inti yang baru ditemukan – yang ditunjukkan oleh penelitian ini kemungkinan besar merupakan bola logam selebar 400 mil (644 kilometer) yang kulit luarnya terbuat dari paduan besi-nikel, dengan sejumlah kecil elemen lainnya.

READ  Gambar Teleskop Luar Angkasa James Webb yang menakjubkan memicu kegilaan ilmiah

“Selain itu, transisi dari bola terdalam (padat) ke kulit terluar inti dalam (juga cangkang keras) tampak lebih bertahap daripada tajam,” kata Pham. “Itulah mengapa kami tidak dapat mendeteksinya dengan pantulan langsung gelombang seismik darinya.”

Dengan menggunakan instrumen yang mendeteksi gelombang getaran, para peneliti menemukan bahwa inti terdalam memiliki karakteristik anisotropi, sifat material yang memungkinkannya mengambil sifat yang berbeda tergantung pada sudut pendekatannya. Contoh benda anisotropik adalah sepotong kayu: jauh lebih mudah menembus sepotong kayu dengan membenturkannya ke arahnya daripada melawannya.

Inilah ciri yang mencirikan esensi terdalam.

Ketika menilai inti bumi, para peneliti melihat seberapa cepat gelombang seismik Mereka melakukan perjalanan melaluinya ke arah yang berbeda, dan menemukan bahwa inti terdalam mengubah kecepatan gelombang tersebut dengan cara yang berbeda dari lapisan di atasnya, kulit terluar dari inti pusat.

Melihat lapisan baru lebih dari 1.000 mil (1.600 kilometer) di bawah kaki kita sangatlah penting. Keberadaan inti yang lebih dalam dapat memberi para ilmuwan pemahaman yang lebih baik tentang medan magnet Bumi, dan bagaimana ia berevolusi dan akan terus demikian.

Penemuan baru Itu juga “memberi kita gambaran tentang apa yang mungkin terjadi dengan planet lain,” kata Pham. “Ambil contoh Mars. Kami belum mengerti mengapa (medan magnet Mars) tidak ada lagi di masa lalu.”