BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tahun Israel 74: Sorotan CIDI

Hari ini Israel merayakan ulang tahunnya yang ke-74H Hari Kemerdekaan: Hari Hatsmut. CIDI melihat tahun lalu dan mencantumkan hal-hal penting. Di mana musim semi 2021 sangat tragis dan dramatis bagi Israel, CIDI mencerminkan semua momen indah yang dialami Israel pada tahun lalu.

Tahun ini, Hari Kemerdekaan Israel bertepatan dengan Hari Pembebasan Belanda. Foto: Naomi Mestrom, CIDI

April 2021: Hari Kemerdekaan Israel ke-73
Setelah masa Corona dan penguncian, Hari Kemerdekaan di Israel dirayakan seperti biasa. Pesawat-pesawat Angkatan Udara Israel terbang melintasi negeri itu dan mengadakan pertunjukan udara. Orang Israel menyalakan barbekyu dan kembang api. Presiden Reuven Rivlin kemudian menyerahkan Presidential Medal kepada sekitar 120 petugas kesehatan, relawan, dan tentara sebagai pengakuan atas upaya mereka selama krisis Corona. Ini adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Israel atas kontribusi penting bagi Negara Israel atau seluruh umat manusia.

Penghargaan mantan Medali Presiden oleh Presiden Rivlin (Wikimedia Commons / Yigal Salabin)

Mei 2021: Israel membuka diri untuk pelancong lagi
Bulan ini, Komisi Eropa merilis daftar Gratis Dengan negara-negara yang diizinkan untuk bepergian lagi. Karena kampanye vaksinasi yang berhasil, Israel masuk dalam daftar. Sayangnya, peningkatan kekerasan dengan Hamas bulan ini terutama menang. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang itu di bagian bawah artikel.

Kontrol paspor di Bandara Ben Gurion (Wikimdia / Rakoon)

Juni 2021: Hampir semua pembatasan virus corona berakhir di Israel
Lebih dari sembilan juta warga Israel telah divaksinasi sepenuhnya dan masyarakat telah dibuka kembali. Pada 1 Juni, pemerintah Israel mencabut semua pembatasan virus corona kecuali masker wajah. Jalur hijau tidak lagi diperlukan.

Kementerian Kesehatan di Israel (Sumber: Wikimedia Commons)

Juni 2021: Isaac Herzog sebagai presiden baru
Pada Juni 2021, Knesset memilih Isaac Herzog sebagai Presiden Israel yang baru. Dia adalah putra Chaim Herzog, presiden keenam Israel dan mantan pemimpin Partai Serikat Buruh/Serikat Zionis. Pada Juli 2021, ia dilantik sebagai presiden Israel ke-11. Dengan melakukan itu, ia menggantikan mantan Presiden Reuven Rivlin, yang telah menikmati salah satu kepresidenan paling padat karya secara politis dalam sejarah Israel: selama periode tujuh tahun, Rivlin harus memainkan peran dalam membentuk pemerintahan sebanyak lima kali.

Reuven Rivlin (kanan) mengucapkan selamat kepada penggantinya, Yitzhak Herzog (kiri) atas kepresidenan Israel. (GPO/Kobe Gideon)

Juni 2021: pemerintahan baru
Israel telah berada dalam krisis politik untuk sementara waktu, dengan empat pemilu berturut-turut dan kurangnya anggaran. Tetapi 12 tahun kepresidenan Benjamin Netanyahu (Likud), Naftali Bennett (kanan) mengambil alih kepemimpinan pada Juni 2021. Pemerintahannya terdiri dari koalisi luas delapan partai, dari kiri ke kanan, dan dari agama ke sekuler, dengan partai-partai penting. peran untuk pesta “Daftar”. ” Arabi. Bennett akan tetap menjadi perdana menteri hingga Agustus 2023. Setelah itu, perdana menteri pengganti Yair Lapid (Yesh Atid) akan mengambil alih.

Administrasi Bennett Lapid (GPO)

Oktober 2021: Israel membuat rencana iklim
Israel mengumumkan rencana iklim yang ambisius sebelum KTT Iklim Glasgow 2021. Ini berisi seratus rencana aksi nyata yang akan merugikan negara miliaran dolar. Misalnya, Israel ingin mengurangi emisi gas rumah kaca di sektor transportasi dan kelistrikan. Selain itu, tujuannya adalah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, partikulat, limbah rumah tangga, dan zat berbahaya lainnya hingga hampir 90% pada tahun 2050.

Israel telah menjadi pemimpin dunia dalam energi surya selama beberapa dekade. Iklim membantu. (Perusahaan Surya Megalem)

Januari 2022: Israel berpartisipasi dalam Kesepakatan Artemis
Pada bulan Januari, Israel menandatangani Perjanjian Artemis. Perjanjian internasional antara berbagai negara dengan seperangkat perjanjian yang ditujukan untuk eksplorasi ruang angkasa. Misalnya, kesepakatan telah dibuat tentang pertukaran data ilmiah dan bagaimana menangani puing-puing luar angkasa.

Perjanjian Artemis (Sumber: NASA)

Januari 2022: Pemulihan hubungan antara Yunani dan Israel
Jaringan listrik EastMed telah memicu pemulihan hubungan yang berkembang antara Yunani, Siprus dan Israel. Pipa gas alam ini berfungsi sebagai penghubung antara pasokan energi di Mediterania timur ke daratan Yunani melalui Siprus dan Kreta. Keputusan Presiden AS Joe Biden untuk menghentikan subsidi pipa gas ke Yunani dan Israel telah memberikan kesempatan untuk merumuskan kembali perdebatan tentang energi dan perubahan iklim di kawasan itu.

Peta jalur pipa EastMed yang diusulkan (Wikimedia/Randam)

Januari 2022: Negara-negara baru terbuka untuk Kesepakatan Abraham
Dalam jangka pendek, negara-negara baru diharapkan untuk menandatangani perjanjian Ibrahim, termasuk Maladewa dan Komoro. Pembicaraan antara Indonesia dan Arab Saudi juga terus berlanjut. Beberapa pejabat juga menyatakan harapan mereka bahwa Kuwait dan Qatar menginginkan perdamaian, kemajuan dan pengakuan Israel sebagai negara dan lawan bicara yang serius.

READ  China mengimpor lebih banyak energi Rusia meskipun ada perang

Selain itu, perjanjian Abraham memastikan ledakan ekonomi yang besar tahun ini. Misalnya, tangan antara Israel, Emirat dan Bahrain tumbuh pesat dan bahkan hubungan antara Israel dan tetangga terdekatnya, Mesir dan Yordania, meningkat.

Ngobrol antara Naftali Bennett dan Putra Mahkota Emirat, Mohammed bin Zayed. (GPO/Haim Zack)

Februari 2022: Israel mematahkan tren global menuju demokrasi
Dengan memperkuat demokrasinya, Israel telah mematahkan tren global yang membatasi kebebasan demokrasi. Hal ini terlihat dari Indeks Demokrasi 2021, laporan terbaru dari Unit Ekonom (EIU), organisasi saudara dari majalah terkenal Sang EkonomLaporan tersebut menempatkan Israel sebagai yang pertama di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Bahkan Israel mendapat skor sepuluh derajat dalam partisipasi politik, yang berarti bahwa minoritas memiliki suara dalam proses politik. Untuk pertama kalinya sejak 2018, Israel menjalani 12 bulan tanpa mengadakan pemilihan baru.

Maret 2022: KTT Negev Bersejarah
Pada bulan Maret, pertemuan bersejarah terjadi antara Mesir, Maroko, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat dan Israel. Setelah itu, negara-negara tersebut menampilkan diri sebagai front persatuan dan mengumumkan keputusan mereka untuk menjadikannya pertemuan puncak tahunan. Kesempatan lain bagi Israel untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara tersebut dan meningkatkan kerja sama.

KTT Negev (Sumber: Departemen Luar Negeri AS).

April 2022: Astronot Israel kedua pergi ke luar angkasa
Astronot Israel kedua, Eitan Step, pergi ke luar angkasa bersama tiga orang lainnya Misi luar angkasa khusus yang telah lama ditunggu-tungguSetelah kematian Ilan Ramon dalam bencana Columbia tahun 2003, ia menjadi orang Israel pertama yang kembali dengan selamat dari luar angkasa. Miliarder dan mantan pilot jet membayar sekitar $55 juta untuk tinggal dua minggu di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang melarikan diri dari negara itu menjelang Paskah dengan ratusan ribu orang Israel, menjadi orang pertama yang makan korek api di luar angkasa.

April 2021: Bencana di Meron
Bencana paling mematikan di Israel di masa damai. Selama perayaan massal hari raya Yahudi Lag Ba’omar, tindakan keras massal menewaskan 45 orang dan meninggalkan 150 orang di rumah sakit. Orang-orang terpeleset menuruni tangga sempit, saling bertubrukan dan menjadi tertindas. Ambulans hanya bisa perlahan mendekat karena lokasinya di jalan pegunungan yang sempit dan banyak orang yang melarikan diri dari bencana.

Seorang penyintas longsoran Gunung Meron memeluk seorang pekerja bantuan (Sumber: Twitter / Ariel Alharar)

Mei 2021: Perang Gaza
Pada bulan Mei, Hamas meluncurkan serangan roket untuk mencap dirinya secara politis sebagai “pelindung Yerusalem.” Selama 11 hari, mereka menembakkan total lebih dari 4.000 roket ke Israel, menewaskan 12 orang di Israel dan melukai lebih dari 100 orang. Kerusuhan antara orang Yahudi ultra-Ortodoks dan orang Arab Israel menewaskan tiga orang lagi. Di Belanda, banyak politisi secara terbuka berpihak pada Israel, mendorong CIDI untuk mengorganisir demonstrasi di Den Haag untuk mendukung Israel.

Penampakan Israel, Mei 2021 (Sumber: CIDI)

Maret-Mei 2022: Gelombang teror
Serangkaian serangan teroris berdarah di Beersheba, Hadera, Bnei Brak, Tel Aviv dan Ariel menewaskan 15 warga Israel dalam salah satu gelombang terorisme paling mematikan sejak intifada kedua. Ingatan mereka adalah berkah. Kami berharap perdamaian kembali sekarang.

Penembakan United Tel Aviv

Setelah serangan Tel Aviv pada 7 April 2022 (United Hatzalah)

4 Mei 2022: Hari Hazkron pada Hari Peringatan
Pada hari kelima bagi orang Yahudi (14 Mei 1948), negara Yahudi modern diproklamasikan. Karena hari libur di Israel didasarkan pada kalender lunar yahudi Liburan jatuh pada tanggal Barat yang berbeda setiap tahun. Tahun ini, Hari Peringatan untuk Tentara dan Korban Terorisme Israel bertepatan dengan Hari Peringatan Belanda pada 4 Mei. Ini adalah kasus setiap 19 tahun selama siklus kalender Yahudi.

READ  "Rumput laut adalah tanaman masa depan"

Kita juga harus mempertimbangkan tiga posisi terendah utama yang akan membayangi periode dari April 2021 hingga Mei 2022 dalam buku sejarah Israel.

5 Mei 2022: Hari Pembebasan 74 Hari Hatsmut
Untuk merayakan ulang tahun ke-74 Israel, akan ada barbekyu, pertunjukan udara, medali, dan untuk pertama kalinya sejak 2010, seseorang selain Benjamin Netanyahu memberikan tes Alkitab internasional, yang juga merupakan tradisi Hari Hatzmut. Dia sudah menjadi perdana menteri saat itu, tetapi putranya, Avner, berpartisipasi dan menang. Sejumlah maskapai Teluk seharusnya berpartisipasi dalam jembatan udara, termasuk Etihad Airways dan Wizz Air Abu Dhabi, tetapi dibatalkan setelah ketegangan di Temple Mount.

Staf dan dewan CIDI mengucapkan selamat hari raya bbq bagi semua orang yang keluar masuk Israel, hari BBQ yang menyenangkan! Kembang api telah dilarang di sejumlah kota besar termasuk Tel Aviv tahun ini, menyusul keberhasilan kampanye veteran IDF yang menderita gangguan stres pascatrauma.