BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tampilan OLED di CES 2024 – Pecandu

Tampilan OLED di CES 2024 – Pecandu

CES tahun lalu sudah dikemas dengan layar OLED, dan tahun ini ada beberapa layar OLED baru yang dipamerkan di Las Vegas. Lebih dari tiga puluh layar baru diperkenalkan pada atau selama pameran teknologi, yang setara dengan jumlah layar OLED yang dapat Anda beli saat ini menurut Pricewatch kami. Sementara produsen seperti ASUS, Dell, dan Samsung sudah mengerjakan layar OLED generasi kedua atau ketiga, merek seperti ASRock dan HP memperkenalkan layar OLED pertama mereka.

Baik Anda membeli layar OLED dari Gigabyte, Acer, atau MSI, semuanya pada akhirnya menggunakan panel yang sama, dari dua produsen: LG Display dan Samsung Display. Keduanya memperkenalkan opsi panel baru sebelum CES, dengan tampilan yang diumumkan memiliki fitur berbeda dari yang sebelumnya dapat Anda temukan di layar OLED. Pertimbangkan layar 4K 32 inci dengan kecepatan refresh 240Hz, layar WQHD 360Hz (2560 x 1440 piksel), atau layar UWQHD UWQHD 39 inci (3440 x 1440 piksel) dengan kurva 800R yang sangat tajam.

Pada artikel ini, pertama-tama kita akan membahas fitur-fitur panel yang baru diumumkan dan kemudian mencantumkan semua tampilan pengumuman, yang disusun berdasarkan jenis panel. Ini bukan gambaran lengkap. Meskipun kami telah melihat lembar spesifikasi yang cukup lengkap untuk sejumlah monitor, pabrikan lain mengungkapkan lebih dari sekedar resolusi layar baru mereka. Seberapa praktis penggunaan layar dan apakah warna diatur dengan benar hanya akan menjadi jelas setelah pengujian menyeluruh. Sebagian besar monitor belum memiliki harga dalam euro atau tanggal penjualan spesifik di negara Benelux.

Opsi panel baru

LG Display adalah pemasok layar Woled, dengan subpiksel merah, hijau, dan biru serta piksel putih, yang meningkatkan kecerahan. Samsung Display adalah perusahaan yang memproduksi panel QD OLED, yang menggunakan layar OLED biru dan titik kuantum Untuk rentang warna yang lebih luas. Panel berbasis teknologi OLED juga digunakan di TV OLED.

READ  Pratinjau Company of Heroes 3 - bersama dengan penggemarمعاينة

Beberapa tampilan diperkenalkan tahun lalu di CES OLED yang dicetak dengan inkjetLukisan-lukisan itu terlihat. Ini, seperti namanya, diluncurkan dari printer dan memiliki tata letak sub-RGB biasa, tidak seperti panel LG Display dan Samsung Display. Joled yang membuat panel cetak bangkrut pada musim semi 2023. Bukan berarti pajangan cetak akhirnya berhenti. seperti dia Terbukti TCL akan memiliki panel cetak khusus berbentuk mangkuk lainnya pada akhir tahun 2023. Namun, untuk saat ini, pilihannya tampaknya hanya terbatas pada Woled atau QD-OLED. Selain sisa stok monitor dengan tampilan cetak inkjet, pada akhir tahun lalu Anda memiliki pilihan monitor dengan fitur berikut:






Jenis pelat Qatar Ketepatan Kecepatan penyegaran (maks) Kecerahan puncak (HDR) Format subpiksel
QD OLED 34″ (melengkung) 3440×1440 175Hz 1000 cd/m² Rb, g (segitiga)
QD OLED 49 inci (melengkung) 5120×1440 144Hz atau 240Hz 1000 cd/m² Rb, g (segitiga)
Dan Walid 27 inci (datar) 2560×1440 240Hz 1000 cd/m² merampok
Dan Walid 45″ (melengkung) 3440×1440 240Hz 1000 cd/m² merampok

Opsi baru untuk tahun 2024 ditunjukkan pada tabel di bawah. Perhatikan bahwa beberapa tampilan berdasarkan panel lama juga diumumkan di CES.








Jenis pelat Qatar Ketepatan Kecepatan penyegaran (maks) Kecerahan puncak (HDR) Format subpiksel
QD OLED 27 inci (datar) 2560×1440 360Hz 1000 cd/m² Rb, g (segitiga)
QD OLED 32 inci (datar atau melengkung) 3840×2160 240Hz 1000 cd/m² Rb, g (segitiga)
Dan Walid 27 inci (datar) 2560×1440 480Hz 1300 cd/m² mengharapkan
Dan Walid 32 inci (datar) 3840×2160 240Hz 1300 cd/m² mengharapkan
Dan Walid 34″ (melengkung) 3440×1440 240Hz 1300 cd/m²* mengharapkan
Dan Walid 39″ (melengkung) 3440×1440 240Hz 1300 cd/m²* mengharapkan

*Tidak dikonfirmasi untuk semua tampilan yang diiklankan dengan panel ini

Panel Woled baru LG telah memulai debutnya, seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh TFTCentral video, Format subpiksel baru. Tata letak RGB baru lebih mirip dengan tata letak subpiksel RGB biasa dibandingkan dengan tata letak RGB pada panel tahun lalu. Ini dapat membuat teks halus tampak lebih jelas.

Di negaranya jumpa pers LG Display menyebutkan teknologi Meta-nya, yang merupakan nama untuk panel barunya Set lensa mikro Yang kini juga digunakan LG di TV premiumnya. Pola jutaan lensa di depan panel OLED memfokuskan cahaya yang dipancarkan, meningkatkan kecerahan, dan meningkatkan sudut pandang. Layar wol khususnya dapat menggunakan kecerahan yang lebih tinggi. Meskipun puncak kecerahan HDR yang dijanjikan pada panel Woled tahun lalu sama tingginya dengan layar QD OLED, 1000cd/m² pada ruang putih kecil, dalam praktiknya kami melihat nilai ini hanya dicapai dengan beberapa layar Woled pada preset non-gambar. layarnya sangat biru. Selain itu, kecerahan layar penuh maksimum, yang penting untuk tampilan SDR, terkadang bisa lebih rendah dari 150cd/m² yang biasanya kami gunakan untuk menjalankan pengujian.

Hanya ASUS yang menetapkan kecerahan puncak untuk semua layar Woled terbarunya, yaitu 1.300 cd/m². Meskipun kecerahan ini hanya dapat dicapai dalam preset yang tidak tepat, puncak HDR dengan reproduksi warna yang akurat sebanding dengan model QD OLED. Ada kemungkinan bahwa tidak semua layar Woled baru lainnya seterang ini, namun pada saat yang sama kecerahan puncak yang lebih tinggi tampaknya tidak spesifik untuk ASUS; Juga LG Memberi Untuk layar WoLED 4k 32 inci, kecerahannya 1300 cd/m².


Tata letak piksel pada panel 4K QD OLED baru

Panel QD OLED generasi baru tampaknya mengalami lebih sedikit perubahan dibandingkan tahun lalu. Mereka masih memiliki tata letak subpiksel segitiga yang sama, dengan piksel merah dan biru di atas hijau. Hasilnya, jika Anda perhatikan lebih dekat, Anda dapat melihat beberapa tepi ungu dan hijau di bagian atas dan bawah transisi kontras tinggi. Itu ada di teks Warna pinggiran Terutama terlihat dengan teks putih dengan latar belakang gelap. Secara umum, piksel pada panel QD OLED baru sedikit lebih persegi dibandingkan pada panel QD OLED generasi pertama. Kepadatan piksel yang lebih tinggi pada panel 4K juga dapat membuat pinggiran warna menjadi kurang terlihat, namun hal ini harus dibuktikan melalui pengujian langsung (yang lebih lama).

Sayangnya, Samsung tampaknya tidak mengatasi kelemahan lain pada QD-OLED dengan panel layar barunya; Permukaan layar tampak abu-abu ketika cahaya sekitar masuk ke layar. Hasilnya, kontras visual menurun lebih cepat di siang hari dibandingkan dengan layar WoLED atau LCD.

Meskipun semua panel QD OLED sebelumnya bersifat reflektif, panel QD OLED baru mungkin memiliki lapisan anti-reflektif, seperti yang juga ditunjukkan Samsung pada TV OLED S95D, misalnya. Layar QD OLED baru Samsung memiliki lapisan matte ini, tetapi pembuat layar lain tampaknya telah memilihnya Terang Panel OLED QD. Hal ini juga bisa menjadi keuntungan, karena lapisan anti-reflektif menghasilkan efek berkilauan pada warna solid, karena juga sedikit menyebarkan cahaya yang dipancarkan oleh layar itu sendiri. Hal ini misalnya terlihat pada tampilan Woled yang umumnya matte. Harus dilihat sejauh mana panel wol baru sedikit banyak terpengaruh oleh efek ini.