BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tren imunisasi dan infeksi di Israel, UEA, dan Bahrain

Dua wanita mengenakan topeng berjalan di sepanjang distrik perbelanjaan pada 19 April 2021 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Francois Niel | Getty Images Berita | Gambar Getty

Kampanye vaksinasi di banyak negara Timur Tengah berpacu dengan negara-negara lain di dunia pada awal tahun 2021.

Israel, Uni Emirat Arab dan Bahrain Berada di puncak daftar dalam hal dosis per 100 orang di awal tahun.

Enam bulan kemudian, ketiganya masih termasuk di antara 10 negara teratas yang divaksinasi – tetapi grafik menunjukkan bahwa tren infeksi Covid sangat bervariasi.

Pada 29 Juni, 57,8% populasi Bahrain telah divaksinasi penuh dan 59,7% populasi Israel telah menerima dua dosis vaksin Covid, menurut Our World in Data. Data UEA tentang individu yang divaksinasi lengkap terakhir diperbarui pada 20 April, ketika angkanya 38,8%.

Israel

Kasus harian baru di Israel menurun ketika program vaksinasi berlanjut, dan data menunjukkan infeksi sebagian besar tetap rendah dalam dua digit selama lebih dari sebulan sejak akhir April. Ini sampai kemunculan kembali muncul pada akhir Juni.

Beban kasus adalah bagian kecil dari puncak sebelumnya, tetapi telah meningkat pesat dalam beberapa hari terakhir.

Varian delta yang sangat menular bertanggung jawab atas sekitar setengah dari kasus baru, menurut Nadav Davidovich, presiden Asosiasi Dokter Kesehatan Masyarakat Israel.

Namun, simulasi memprediksi bahwa bahkan dengan “transmisi luas”, hanya akan ada beberapa ratus kasus parah, katanya kepada CNBC melalui panggilan video. “Tidak sama seperti sebelumnya di gelombang ketiga,” tambahnya, merujuk pada aksi unjuk rasa yang dimulai akhir tahun lalu.

Uni Emirat Arab

dua laut

kematian akibat covid

Infeksi bukan satu-satunya indikator status virus corona suatu negara, dan vaksinasi bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi.

Selain vaksinasi, demografi suatu negara dan pembatasan Covid juga berperan dalam tingkat keparahan penyakit dan seberapa cepat virus menyebar.

Kematian di Israel dan Uni Emirat Arab turun dan tetap rendah, sementara kematian baru terkait Covid per satu juta di Bahrain naik menjadi 17 pada Juni.

Apakah mutasi Covid menjadi perhatian?

Paul Tambia, presiden Masyarakat Mikrobiologi dan Infeksi Klinis Asia Pasifik, mengatakan wabah di negara-negara Timur Tengah tidak perlu dikhawatirkan.

“Saya tidak berpikir kita harus terlalu khawatir,” katanya kepada CNBC melalui email. “Sebagian besar, atau setidaknya sebagian besar kasus terjadi pada mereka yang belum divaksinasi.”

“Perhatian utama adalah sepertinya kita tidak bisa lolos tanpa memvaksinasi sebagian besar populasi,” katanya.

Saya percaya bahwa selama virus menyebar secara global dan perbatasan tetap terbuka, akan ada wabah virus sesekali bahkan pada populasi yang sangat divaksinasi.

Paul Tempe |

Masyarakat Mikrobiologi Klinis dan Infeksi Asia Pasifik

Antisipasi cluster virus

Pakar medis mengatakan tingkat vaksinasi yang tinggi tidak akan mengesampingkan kelompok kasus di masa depan.

“Saya pikir selama virus menyebar secara global dan perbatasan tetap terbuka, akan ada wabah virus dari waktu ke waktu bahkan dalam pertemuan yang sangat divaksinasi,” kata Tambih.

Kemungkinan “wabah lokal” di antara anak-anak yang belum divaksinasi, kata Davidovich.

Dia mengatakan “sulit untuk mengetahui” apakah ketergantungan pada vaksin China – seperti yang telah kita lihat di UEA dan Bahrain – mungkin terkait dengan peningkatan signifikan dalam kasus Covid.

Tambih mencatat bahwa Israel, yang terutama menggunakan vaksin Pfizer, juga mengalami peningkatan kasus.

Dia mengatakan tidak ada publikasi ilmiah yang membandingkan vaksin tradisional yang dikembangkan oleh China dengan vaksin yang mengandalkan teknologi RNA, yang mengarahkan tubuh untuk menghasilkan bagian virus yang tidak berbahaya yang membantu merangsang respons kekebalan.

“Saya pikir, sayangnya, tingkat vaksinasi yang lebih tinggi diperlukan,” kata Tambih.

READ  Tes COVID-19 ditutup di Barnett Park setelah kapasitas tercapai