BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ukraina mengklaim telah menembak jatuh 10 rudal Kinzhal Rusia • Satu orang tewas dalam serangan di kota Belgorod di Rusia, kata gubernur

Ukraina mengklaim telah menembak jatuh 10 rudal Kinzhal Rusia • Satu orang tewas dalam serangan di kota Belgorod di Rusia, kata gubernur

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kemenangan Rusia hanyalah “perasaan”. Dalam sebuah wawancara dengan Sang Ekonom. Menurutnya, yang terjadi justru sebaliknya dan pasukan Rusia menderita kerugian besar di garis depan.

Mungkin kita tidak mencapai kesuksesan yang diinginkan dunia. “Semuanya mungkin tidak terjadi secepat yang dibayangkan orang,” kata Zelensky. “Tetapi kemenangan Putin tidak lebih dari sekedar perasaan.”

Faktanya, katanya, pasukan Rusia dibantai di tempat-tempat seperti Avdiivka, sebuah kota di wilayah Donetsk. “Ribuan tentara Rusia tewas. Bahkan tidak ada yang mengambil jenazah mereka.”

Dalam wawancara tersebut, Zelensky mengatakan serangan terhadap Krimea akan menjadi “fokus” strategi Ukraina di tahun mendatang, karena Rusia sering melancarkan serangan ke Ukraina timur dari sana.

Presiden Ukraina tidak percaya bahwa Presiden Rusia Putin tertarik pada perdamaian. Zelensky mengatakan dia tidak melihat tanda-tanda ke arah ini. Jika Rusia mengindikasikan keinginannya untuk berunding, ia mengatakan hal itu hanya karena negara tersebut kehabisan senjata dan tentara. (AP)

AFP – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kedua dari kiri) saat berkunjung ke unit tentara Ukraina di Avdiivka Jumat lalu.
READ  AS dan Rusia setuju "pada prinsipnya" pada KTT Biden-Putin